Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Awasi Distribusi Minyak Goreng Curah, Polri Bentuk Satgas Gabungan

Polri dan Kementerian Perindustrian menerjunkan personel di sejumlah perusahaan minyak goreng selama 24 jam untuk mengawasi peredaran komoditas tersebut.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 04 April 2022  |  14:15 WIB
/Antara
/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Polri dan Kementerian Perindustrian membentuk satuan tugas (satgas) gabungan untuk memastikan ketersediaan minyak goreng curah di pasar.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan satgas ini akan mengawasi rantai pasok minyak goreng, mulai dari level produsen, distributor, hingga level pengecer. Sigit mengatakan satgas ini akan menerjunkan personel di sejumlah perusahaan minyak goreng selama 24 jam.

"Mulai di level pusat para produsen dan di kantor pusat juga tempatkan personel dari polisi dan dari Kemenperin khususnya di beberapa produsen besar melekat 24 jam. Sehingga rangkaian proses, mulai dari produsen, distrubutor sampai dengan pasar betul-betul bisa kita awasi dengan baik," katanya, Senin (4/4/2022).

Sigit mengatakan berdasarkan penuturan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, ditemukan modus  pengemasan ulang minyak goreng.

Hal ini terlihat dari banyaknya merek-merek baru minyak goreng kemasan. Padahal merek minyak goreng itu sebelumnya tidak ada di pasaran.

Menurut Sigit, satgas akan menindak tegas pihak-pihak yang sengaja menggeser produksi minyak curah untuk kemasan.

"Saat ini banyak muncul jenis-jenis merek baru yang selama ini tidak ada di pasar ini yang akan kami pantau geser dari kebutuhan curah ke industri ini juga akan kita tindak tegas. Memalsukan dokumen, sehingga kemudian dapatkan bayaran subsidi yang tidak sesuai dengan realitas produksi ini akan kita tindak tegas," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polri kemenperin minyak goreng Satgas Pangan
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top