Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UPDATE Situasi Militer Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-36: Ukraina Pukul Mundur Rusia

Berikut update situasi militer perang Rusia vs Ukraina hari ke-36. Pasukan Ukraina mulai pukul mundur militer Rusia di beberapa wilayah.
Warga Ukraina terpaksa mengungsi dari rumahnya lantaran pasukan Rusia membombardir kota Mariupol, Ukraina/Aljazeera
Warga Ukraina terpaksa mengungsi dari rumahnya lantaran pasukan Rusia membombardir kota Mariupol, Ukraina/Aljazeera

Bisnis.com, JAKARTA  – Serangan Rusia ke Ukraina sudah masuk hari ke-36. Memasuki hari ini, Pasukan Ukraina terus melakukan serangan balik dan mengusir pasukan musuh dari pinggiran barat Kyiv.

Kota Okhtyrka tidak lagi dikepung, pasukan Rusia mundur melintasi perbatasan. Serangan balasan Ukraina juga dilaporkan dari Kharkiv. Selain itu, dalam hari ke-36 Presiden Vladimir Putin merasa jika dirinya ditipu oleh penasihat di negaranya tentang operasi militernya di Ukraina.

Dilansir dari Militaryland, Kamis (31/3/22) pasukan Rusia sudah memasuki beberapa wilayah dari Ukraina.

UPDATE Situasi Militer Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-36

Garis Depan Polandia

• Daerah Kiev

Pejabat Ukraina melaporkan pertempuran sengit dari daerah Irpin, Bucha dan Hostomel. Pasukan Rusia dilaporkan telah mulai mundur dari zona Chornobyl menuju Belarus. Tentara Ukraina membebaskan Svitylnia, Hrebelky dan Ploske di timur dan juga telah mencapai Nova Basan. Penduduk setempat melaporkan pertempuran sengit di daerah itu.

• Daerah Zhytomyr

Tidak ada perubahan di lapangan, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Garis Depan Utara

• Daerah Chernihiv

Tentara Rusia mengintensifkan penembakan Chernihiv. Pasukan Ukraina berhasil mencapai dan membebaskan desa Sloboda di selatan, tidak jelas dari arah mana saat ini.

• Daerah Sumy

Menurut Wakil Gubernur Sumy, jalan yang menghubungkan Sumy dan Poltava sudah dibuka kembali. Pasukan Rusia yang tersisa di daerah itu mundur melintasi perbatasan.

Garis Depan Sloboda

• Daerah Kharkiv

Tentara Rusia telah melanjutkan penembakan di pinggiran Kharkiv. Pasukan Ukraina telah melancarkan serangan balasan ke arah Derhachi dan Mala Rohan. Titik paling kritis di Kharkiv Oblast tetap Izium. Pasukan Rusia dilaporkan telah memperkuat pasukan mereka dan bersiap untuk mengintensifkan serangan terhadap Izium.

• Daerah Luhansk

Pasukan Rusia menembaki Sievierodonetsk, Rubizhne, Lsysychansk dan Kreminina. Pasukan Ukraina memegang posisi bertahan di dalam batas kota. Evakuasi warga sipil sedang berlangsung.

Garis Depan Pryazovia

• Daerah Donetsk

Tidak ada perubahan di lapangan di Donetsk. Namun, Angkatan Darat Rusia dilaporkan mengumpulkan sejumlah besar pasukan di sekitar Svitlodarsk dan Horlivka. Slovyansk dan Kramatorsk adalah target utama pasukan Rusia, dan dorongan moral bagi pihak mana pun yang mengendalikan dua kota ikonik ini.

• Daerah Zaporizhzhia

Situasi di garis depan tetap terkendali. Artileri Rusia menembaki Orikhiv dan Huliaipole, tetapi tidak melancarkan serangan darat di daerah tersebut.

Garis Depan Selatan

• Daerah Mykolaiv

Tidak ada perubahan di lapangan, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

• Daerah Kherson

Pasukan Rusia menembaki Novovorontsovka di utara. Persiapan untuk referendum publik mengenai Republik Rakyat Kherson dilaporkan telah dilanjutkan.

Mariupol

Sama seperti hari-hari sebelumnya, Mariupol masih menjadi sasaran Rusia dan pertarungan masih berlansung di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper