Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Diminta Larang Pendukungnya Wacanakan Perpanjangan Masa Jabatan

Presiden Joko Widodo diminta bersikap tegas untuk menghentikan para pihak yang ingin ia menjabat tiga periode.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 31 Maret 2022  |  13:49 WIB
Presiden Jokowi bersama para pembalap MotoGP - Humas Setkab - Agung.
Presiden Jokowi bersama para pembalap MotoGP - Humas Setkab - Agung.

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo diminta bersikap tegas untuk menghentikan para pihak yang ingin ia menjabat tiga periode.

Sebagaimana diketahui, isu penundaan pemilu dan perpanjangan jabatan presiden menjadi tiga periode terus bergulir di tengah masyarakat. Terbaru, Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (APDESI) mendeklarasikan dukungan untuk Presiden Joko Widodo menjabat selama tiga periode.

Terkait hal ini, Koordinator Presidium Demokrasiana Institute Zaenal Abidin Riam menilai seharusnya Presiden Jokowi selaku presiden yang lahir dari rahim reformasi harus memastikan konstitusi dan reformasi tidak dibajak oleh ambisi kekuasaan dari segelintir orang.

“Caranya Presiden Jokowi harus dengan tegas mengeluarkan pernyataan bahwa wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden harus dihentikan. Bukan memberi pernyataan yang membuka peluang tiga periode,” katanya, Kamis (31/3/2022).

Menurutnya, Jokowi tidak sepatutnya bersikap tidak bisa melarang wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden muncul di publik dengan dalih demokrasi. Sebab, wacana ini justru merusak tatanan demokrasi.

“Jika sikap seperti itu yang dipertahankan, maka komitmen Jokowi terhadap demokrasi sangat patut dipertanyakan,” tegasnya

Untuk saat ini, lanjutnya, publik menunggu langkah tegas Jokowi untuk menertibkan menteri-menterinya yang mewacanakan penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden.

“Sejauh ini langkah itu belum dilakukan, jika langkah ini tidak dilakukan, maka publik akan semakin meragukan komitmen Jokowi terhadap konstitusi dan demokrasi,” katanya

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Pilpres 2024
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top