Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wapres Ma’ruf Amin: Pengusaha Harus Dorong Modernisasi Ekonomi Syariah

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengajak pengusaha Hipmi dapat mendorong modernisasi ekonomi syariah dan keuangan syariah.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 30 Maret 2022  |  19:17 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin di kediaman resmi wapres di Jakarta, Jumat (3/12/2021). - Antara
Wakil Presiden Ma'ruf Amin di kediaman resmi wapres di Jakarta, Jumat (3/12/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyampaikan harapannya agar para pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) dapat mendorong modernisasi ekonomi syariah dan keuangan syariah.

Penyebabnya, dia menilai sektor-sektor unggulan di Indonesia harus didorong dengan layanan keuangan syariah lantaran mayoritas Tanah Air berpenduduk muslim.

"Saya mengajak Hipmi ambil bagian modernisasi ke sektor unggulan ekonomi dan keuangan syariah seperti layanan keuangan syariah," katanya dalam Pembukaan Hipmi Syariah Preneur Indonesia di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (29/3/2022).

Maruf melanjutkan, pandemi Covid-19 pun memberikan pelajaran yang bisa diambil yaitu akselerasi digitalisasi dalam ekonomi dan keuangan syariah.

Namun hal ini tidak hanya berupa mengubah sistem menjadi digital saja, melainkan perlu adanya integrasi dari berbagai aspek. Mulai dari pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang andal di bidang keuangan dan ekonomi syariah hingga kolaborasi yang diperluas ke semua pihak.

Berbagai upaya tersebut menurutnya tidak akan bisa bergerak dengan optimal tanpa ada peran pengusaha sehingga diharapkan para pengusaha untuk terlibat dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

"Semua instrumen yang dibuat tidak mungkin bisa termanfaatkan maksimal tanpa ada pengusaha. Rumahnya di pengusaha. Saya sering umpamakan ini seperti mobil yang penumpangnya pengusaha," kata Ma’ruf.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi syariah ekonomi Ma'ruf Amin
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top