Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rusia Serang PLTN Terbesar di Eropa, Ukraina Bakal Musnah?

Penyerangan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhya menunjukkan bahwa Rusia ingin menghancurkan seluruh dunia hari ini.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 04 Maret 2022  |  16:43 WIB
Rusia Serang PLTN Terbesar di Eropa, Ukraina Bakal Musnah?
Sebuah bangunan tempat tinggal yang dihancurkan oleh misil Rusia di kota Irpin, di wilayah Kyiv, Ukraina - Aljazeera/ Reuters.

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Energi Ukraina German Galushchenko mengatakan negaranya sedang menghadapi risiko bencana buatan manusia terbesar dalam sejarah umat manusia. 

Rusia, kata dia, terus melakukan serangan yang menghancurkan infrastruktur Ukraina. Kasus penyerangan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhya menunjukkan bahwa Rusia ingin menghancurkan seluruh dunia hari ini.  

“Unit daya Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhya yang terbesar di Eropa, diserang dengan pemahaman yang sempurna tentang efek bencana dari tindakan tersebut. Pertarungan sudah di peron stasiun, api menyebar,” ujar German dalam keterangannya, Jumat (4/3/2022). 

Ukraina menuding invasi Rusia mempunyai tujuan yang merusak, tidak hanya Ukraina tetapi juga ingin menghancurkan bumi dan seisinya.

Adapun, otoritas terkait selama beberapa ke depan akan mencoba menyampaikan catatan ini kepada IAEA. Ukraina, menurut German, sangat membutuhkan campur tangan organisasi internasional ini dan keputusan tegas terhadap Rusia.  

Kami tidak hanya membutuhkan penilaian profesional atas peristiwa yang terjadi, tetapi juga campur tangan nyata, penggunaan tindakan terberat, termasuk NATO dan negara-negara pemilik senjata nuklir,” tukasnya.  

Sebelumnya, Pasukan Rusia disebutkan berhasil mencapai pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia yang diyakini sebagai PLTN terbesar di Eropa dan melepaskan sejumlah tembakan ke arahnya.

Dikutip melalui New York Post, PLTN Zaporizhzhia yang terletak di kota Enerhodar, Ukraina disebutkan telah mendapat sejumlah rentetan tembakan dari militer Rusia.

Dikutip melalui akun Twitter @franakviacorka, seorang penasihat senior pemimpin oposisi Belarusia Sviatlana Tsikhanouskaya Franak Viacorka mengunggah cuplikan dari tank dan pasukan Presiden Vladimir Putin yang menembaki pembangkit nuklir.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nuklir pltn Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top