Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perang Ukraina Vs. Rusia, Anggota NATO Respons dengan Pasal 4 dan 5. Apa Isinya?

Berdasarkan Pasal 4 perjanjian NATO, setiap anggota dapat meminta konsultasi North Atlantic Council (NAC) ketika integritas teritorial, kemerdekaan politik atau keamanan salah satu pihak terancam.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 Februari 2022  |  13:14 WIB
Mural Gerakan Nasional Kadet Angkatan Darat Muda di Moskwa, Rusia, Kamis (24/2/2022). Pasukan Rusia menyerang Ukraina setelah Presiden Vladimir Putin memerintahkan operasi untuk
Mural Gerakan Nasional Kadet Angkatan Darat Muda di Moskwa, Rusia, Kamis (24/2/2022). Pasukan Rusia menyerang Ukraina setelah Presiden Vladimir Putin memerintahkan operasi untuk "demiliterisasi" Ukraina, yang memicu kecaman internasional dan ancaman AS akan "sanksi berat" lebih lanjut terhadap Moskwa. - Bloomberg/Andrey Rudakov

Bisnis.com, JAKARTA - Serangan Rusia terhadap Ukraina memicu sejumlah negara untuk mengaktifkan Pasal 4 perjanjian Organisasi Perjanjian Atlantik Utara atau NATO sebagai bagian dari tanggapan terhadap krisis.

Dalam pernyataan NATO yang mengutuk serangan Rusia ke Ukraina, mereka mengatakan bahwa Dewan Atlantik Utara atau NAC akan mengadakan konsultasi jika pasal 4 perjanjian NATO, atau yang biasa disebut Perjanjian Washington, dilaksanakan.

“Kami telah memutuskan, sejalan dengan perencanaan pertahanan kami untuk melindungi semua Sekutu, untuk mengambil langkah tambahan guna lebih memperkuat pencegahan dan pertahanan di seluruh Aliansi. Langkah-langkah kami tetap preventif, proporsional dan non-eskalatoris,” kata NAC, dilansir dari NBC Chicago, Jumat (25/2/2022).

Selain itu, mereka juga menyebutkan Pasal 5 Perjanjian Washington. “Komitmen kami terhadap Pasal 5 Perjanjian Washington sangat ketat. Kami bersatu untuk saling membela.”

Sebelumnya, Polandia, Rumania, Lithuania, Latvia, dan Estonia mengaktifkan Pasal 4 pada hari Kamis (24/2/2022) setelah Rusia mengumumkan bahwa mereka telah memulai aksi militer terhadap Ukraina.

Berdasarkan Pasal 4 tersebut, setiap anggota dapat meminta konsultasi NAC ketika integritas teritorial, kemerdekaan politik atau keamanan salah satu pihak terancam.

Negara-negara yang mengaktifkan pasal 4 NATO akan melanjutkan dengan “rencana pertahanan” dan persiapan lainnya jika terjadi tindakan militer ofensif lebih lanjut oleh Rusia, tetapi tidak mengumumkan intervensi militer.

Saat ini ada sekitar 6.000 tentara Amerika Serikat, 1.000 tentara Inggris, dan 350 tentara Jerman, serta pasukan dari anggota NATO lainnya yang ditempatkan di sekitar negara-negara tersebut karena krisis di Ukraina.

Kedua pasal tersebut kemungkinan akan disebutkan secara luas dalam beberapa hari mendatang setelah serangan Rusia di Ukraina. Lantas, apa isi dari kedua pasal tersebut? begini penjelasannya:

Halaman:
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nato rusia Perang Rusia Ukraina
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top