Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jubir Wapres: Penguatan Densus 88 Kian Mendesak Stabilkan Keamanan Papua

Juru bicara Wakil Presiden (Jubir Wapres) Masduki Baidlowi menyebutkan, penguatan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror di Papua kian mendesak dalam percepatan kesejahteraan di provinsi tersebut.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 21 Februari 2022  |  20:13 WIB
Tim Densus 88  - Antara/Rony Muharrman
Tim Densus 88 - Antara/Rony Muharrman

Bisnis.com, JAKARTA – Juru bicara Wakil Presiden (Jubir Wapres) Masduki Baidlowi menyebutkan, penguatan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror di Papua kian mendesak dalam percepatan kesejahteraan di provinsi tersebut. 

Dia mengatakan, Pemerintah membutuhkan situasi aman dan stabil bagi percepatan pembangunan di Bumi Cenderawasih.

“Wapres (Ma’ruf Amin) yang mendapat tugas khusus tentang percepatan kesejahteran di Papua, memerlukan suasana yang aman dan stabil,” katanya kepada wartawan, Senin (21/2/2022).

Sekadar informasi, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) merencanakan penambahan personel Densus 88 Antiteror sebanyak 1.500-2 ribu anggota. Penambahan personel akan dilakukan di 34 markas Polisi Daerah (Polda), termasuk Papua, dan Papua Barat.

Masduki mengatakan, penguatan Densus 88 dinilai kian mendesak lantaran selama ini lembaga tersebut diyakini sudah terbukti efektif melakukan langkah pencegahan dan penindakan.

“Ini terkait dengan ancaman terorisme terus penting diwaspadai,” katanya

Penyebabnya, dia menjelaskan bahwa aksi teror tidak terbatas pada gerakan berbasis paham agama.

“Terorisme tidak terbatas pada gerakan  berbasis paham agama saja. Gerakan berbasis separatism, seperti di Papua dan Papua Barat, juga dikategorikan teroris yang juga sangat berbahaya,” ujarnya

Masduki menyampaikan Wapres mengakui ada kekhawatiran sebagian kalangan terhadap penguatan Densus 88. Namun, hal itu bisa diantisipasi dengan kontrol masyarakat.

“Semua bisa dipantau terbuka. Disampaikan terbuka. Kita bisa sama-sama membantu Densus 88 agar bekerja profesional, termasuk dengan mengoreksi bila terjadi kesalahan,” kata Masduki.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

papua densus 88
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top