Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jakarta Lewati Puncak Omicron, Bagaimana Daerah Lain?

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memprediksi kasus harian Covid-19 di Jakarta mencapai puncaknya pada pekan ini.
Ilustrasi hasil tes Covid-19 varian Omicron/The Guardian
Ilustrasi hasil tes Covid-19 varian Omicron/The Guardian

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memprediksi kasus Covid-19 varian Omicron di Jakarta mencapai puncaknya pada pekan ini. Setelah itu kasus harian Covid-19 di Ibu Kota diprediksi akan mengalami tren penurunan.

Menurutnya, selain Jakarta, ada lima provinsi lain yang kasus hariannya sudah melampaui puncak kasus transmisi Delta pada tahun lalu yaitu Banten, Jawa Barat, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Papua.

"Semua provinsi yang sudah melampaui puncak Delta kasusnya, itu rumah sakitnya 30 persenan dari puncak Delta," kata Menkes dalam konferensi pers virtual, Senin (14/2/2022).

Budi memprediksi setelah melihat tren kasus Covid-19 tersebut, Jawa Barat, Banten dan Bali akan mendekati puncak dalam waktu dekat. Bahkan, tren lonjakan kasus akan bergeser ke wilayah Jawa dan luar Jawa.

Oleh karenanya, Menkes meminta agar seluruh elemen masyarakat terus mendorong suksesnya program vaksinasi, untuk meminimalisir potensi lonjakan virus Covid-19.

"Tolong didorong [vaksinasi]. Kita sekarang baru tujuh provinsi yang vaksinasinya lengkap dua dosis dan baru empat provinsi yang vaksinasi lansianya 70 persen dua dosis, yaitu Jakarta, Bali, Jogja, dan Kepri," ujarnya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa DKI Jakarta terindikasi mulai melewati masa puncak kasus Covid-19 varian Omicron.

"Tren kasus di DKI Jakarta menunjukkan tanda-tanda mulai melewati masa puncaknya baik kasus harian, kasus aktif, maupun rawat inap mulai mengalami penurunan," kata Luhut dalam konferensi pers dikutip dari YouTube Setpres, Senin (14/2/2022).

Namun, Luhut mengatakan peningkatan justru mulai terjadi di Yogyakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Namun, dia menyebut peningkatan kasus Covid-19 di sejumlah daerah tersebut tercatat masih di bawah puncak kasus Delta.

Menurutnya, jumlah kasus harian hingga tingkat rawat inap di rumah sakit di ketiga wilayah tersebut masih lebih rendah dibandingkan gelomhang Covid-19 varian Delta.

Luhut juga menyampaikan bahwa secara umum tingkat rawat inap di rumah sakit dan tingkat kematian akibat Omicron juga lebih rendah dibandingkan Delta. Meski demikian, dia mengingatkan masyarakat untuk tidak menganggap remeh Omicron tetapi juga tidak ketakutan yang berlebihan.

Data Satgas Penanganan Covid-19 juga menunjukkan, DKI Jakarta menjadi wilayah dengan jumlah kasus terkonfirmasi paling tinggi pada saat ini.

Pada periode 8-12 Februari 2022, kasus terkonfirmasi di Ibu Kota naik 59.384 kasus atau berkontribusi 26,91 persen dari total kasus nasional yang mencapai 220.651 kasus.

Kemudian, Jawa Barat berada di bawah DKI Jakarta dengan penambahan 52.692 kasus pada periode yang sama, sedangkan Banten melaporkan penambahan 28.691 kasus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper