Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiga Negara Eropa Mulai Longgarkan Aturan Covid-19

Prancis, Portugal, dan Yunani mulai melonggarkan pembatasan protokol Covid-19 untuk pergi ke luar negeri dan pendatang yang masuk ke  negara itu.
Ilustrasi pasangan berada di dekat Menara Eiffel, Paris, Prancis/Freepik
Ilustrasi pasangan berada di dekat Menara Eiffel, Paris, Prancis/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Prancis, Portugal, dan Yunani mulai melonggarkan pembatasan protokol Covid-19 untuk pergi ke luar negeri dan pendatang yang masuk ke  negara itu untuk perjalanan wisata populer.

Ketiga negara itu masing-masing memperbarui persyaratan masuk mereka untuk pelancong yang divaksinasi lengkap.

Turis yang telah divaksinasi tujuan Portugal tidak perlu lagi memberikan hasil tes negatif untuk masuk. Yunani juga telah membatalkan persyaratan tes pra-keberangkatan untuk kedatangan bagi mereka yang divaksinasi penuh.

Akan tetapi, seperti banyak negara Uni Eropa lainnya, pendatang yang telah mendapatkan suntikan kedua lebih dari 270 hari yang lalu akan memerlukan booster.

Prancis juga mengumumkan akan segera membatalkan persyaratan tes negatif Covid-19  untuk pelancong yang divaksinasi dari luar UE karena jumlah infeksi harian terus turun.

“Kami kembali membutuhkan tes pada bulan Desember atas varian Omicron. Sedangkan dalam beberapa hari mendatang kami akan mengumumkan bahwa tes tidak lagi diperlukan untuk orang yang divaksinasi,” ujar Menteri urusan Eropa Clément Beaune kepada televisi France 2 seperti dikutip TheGuardian.com, Rabu (9/2/2022).

Saat ini, siapa pun yang mengunjungi Prancis dari luar UE, termasuk Inggris, harus menunjukkan hasil tes negatif dari 48 jam sebelumnya, terlepas dari status vaksinasi.

"Minggu ini mungkin akan ada protokol Eropa baru untuk orang yang divaksinasi yang datang dari luar UE dengan langkah-langkah yang telah dilonggarkan," tambah Beaune.

Negara anggota UE sepakat pada 25 Januari untuk mengoordinasikan aturan perjalanan mereka dengan lebih baik, khususnya bagi orang-orang yang melintasi perbatasan di dalam blok tersebut.

Lonjakan Omicron mendorong Italia dan Denmark, misalnya, untuk memberlakukan persyaratan tes negatif baru-baru ini untuk masuk oleh sesama warga Uni Eropa selain bukti vaksinasi. Pengetatan aturan itu membuat kesal pejabat di Brussels.

Otoritas Prancis mulai mencabut pembatasan Covid bulan ini dan klub malam akan dibuka kembali mulai 16 Februari. Konser dan acara olahraga serta bar diizinkan beroperasi.

Sedangkan Norwegia juga melonggarkan pembatasan dan tidak lagi meminta para pelancong untuk menjalani tes ketika mereka tiba di negara itu.

Akan tetapi, mereka haruskan berusia di atas 16 tahun dan melengkapi formulir pendaftaran online 72 jam sebelum kedatangan di Norwegia.

Mereka yang belum divaksinasi lengkap harus mengisi formulir pendaftaran online dan memiliki bukti tes Covid-19 negatif yang diambil kurang dari 24 jam sebelum kedatangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper