Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Super Waspada! Luhut Antisipasi Kasus Omicron 3 Kali Lipat dari Delta

Luhut Pandjaitan mengatakan pemerintah mengantisipasi potensi kenaikan kasus Covid-19 varian Omicron hingga tiga kali lipat dari lonjakan varian Delta pada Juli 2021 lalu.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 31 Januari 2022  |  17:26 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan - Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan lonjakan kasus positif Covid-19 yang disebabkan oleh varian Omicron di Indonesia bisa lebih tinggi dibandingkan varian Delta.

Luhut mengatakan pemerintah mengantisipasi potensi kenaikan kasus Covid-19 varian Omicron hingga tiga kali lipat dari lonjakan varian Delta pada Juli 2021 lalu.

"Kami [telah] mencoba menganalisa bahwa jumlah rawat inap rumah sakit di Indonesia dapat lebih tinggi dari Delta apabila kasus harian meningkat lebih tiga kali, tahun lalu kita lihat hampir 56.000 [kasus per hari], bisa saja tiga kali dari itu bila kita tidak berhati-hati," kata Luhut dalam konferensi pers dari Youtube Sekretariat Presiden, Senin (31/1/2022).

Dia pun membandingkan lonjakan kasus Covid-19 di berbagai negara seperti Amerika, Israel, Amerika Selatan, Afrika Selatan, dan Inggris yang mengakibatkan rumah sakit terisi penuh akibat gelombang Omicron.

Namun, Luhut yang juga merupakan Koordinator PPKM Jawa Bali ini menilai prediksi ini kecil kemungkinan terjadi setelah diperhitungkan kembali bersama dengan berbagai pakar.

"Hingga saat ini kami melihat angka tersebut kecil kemungkinan terjadi karena berbagai simulasi model yang kami susun dengan para pakar, angka ini masih jauh, dan kita tidak perlu khawatir berlebihan, tapi tetap super waspada," tuturnya.

Dia pun meminta masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan (prokes) dengan menerapkan 5M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Tidak hanya itu, dia mengimbau agar masyarakat segera mendapatkan vaksinasi di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat agar terlindungi dari ancaman lonjakan kasus Covid-19 akibat varian Omicron.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Luhut Pandjaitan Covid-19 Covid-19 Varian Delta omicron
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top