Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tonga dilanda Tsunami Akibat Letusan Gunung Berapi!

Letusan gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Haʻapai mengirimkan gelombang kejut ke seluruh Pasifik Selatan.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Gelombang tsunami yang disebabkan oleh letusan gunung berapi bawah laut raksasa telah melanda negara Pasifik Tonga.

Rekaman media sosial menunjukkan air mengalir melalui gereja dan beberapa rumah, dan saksi mata mengatakan abu jatuh di ibu kota, Nuku'alofa.

Peringatan tsunami membuat warga berebut ke tempat yang lebih tinggi. Letusan gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha?apai mengirimkan gelombang kejut ke seluruh Pasifik Selatan. Sedangkan ibukota Tonga terletak hanya 65km utara gunung berapi.

Salah satu warga Tonga, Mere Taufa, mengatakan letusan melanda saat keluarganya sedang mempersiapkan makan malam, dan adiknya mengira bom meledak di dekatnya sebagaimana dikutip BBC.com, Sabtu (15/1/2021).

"Naluri pertama saya adalah berlindung di bawah meja, saya meraih adik perempuan saya dan berteriak pada orang tua saya dan orang lain di rumah untuk melakukan hal yang sama," menurut situs berita Selandia Baru Stuff.co.nz.

Taufa mengatakan hal berikutnya yang dia tahu, air mengalir deras ke rumah mereka.

"Anda hanya bisa mendengar teriakan di mana-mana, orang-orang berteriak untuk keselamatan, agar semua orang bisa naik ke tempat yang lebih tinggi," tambahnya.

Gumpalan gas, asap dan abu yang mengalir dari gunung berapi mencapai ketinggain 20 km, menurut Badan Geologi Tonga.

Letusan selama delapan menit itu begitu keras sehingga bisa terdengar sebagai "suara guntur yang keras" di Fiji, lebih dari 800 km (500 mil), menurut pejabat di ibu kota Suva. Pemerintah Fiji telah mengeluarkan peringatan tsunami dan membuka pusat evakuasi bagi orang-orang di daerah pesisir dataran rendah.

Di Selandia Baru, yang berjarak lebih dari 2.300 km, para pejabat telah memperingatkan gelombang badai.

Sedangkan Badan Manajemen Darurat Nasional mengatakan daerah pesisir di pantai utara dan timur Pulau Utara terlihat "arus kuat dan tidak biasa dan gelombang tak terduga di pantai".

Pemantau cuaca Weather Watch Selandia Baru melaporkan terjadi pelepasan energi sangat mencengangkan dan  orang-orang mendengar ledakan di Selandia Baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper