Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waskita Ungkap Kronologi Kecelakaan Lalin di Tol Kayu Agung-Palembang-Betung

PT Waskita Sriwijaya Tol mengungkapkan kronologi kecelakaan lalu lintas di ruas tol Kayu Agung-Palembang-Betung pada 7 Januari 2022.
Presiden RI Joko Widodo (kedua dari kanan) didampingi Gubernur Sumsel Herman Deru saat meninjau Jalan Tol Kayuagung -- Palembang di Gerbang Tol Kramasan, Kecamatan Ogan Ilir, Sumsel. istimewa
Presiden RI Joko Widodo (kedua dari kanan) didampingi Gubernur Sumsel Herman Deru saat meninjau Jalan Tol Kayuagung -- Palembang di Gerbang Tol Kramasan, Kecamatan Ogan Ilir, Sumsel. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Waskita Toll Road bersama PT Waskita Sriwijaya Tol angkat bicara terkait kecelakaan lalu lintas tunggal pada KM 363+800 B ruas tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) pada Jumat, 7 Januari 2022

"Kami sangat prihatin dan turut berbelasungkawa kepada keluarga korban. Kejadian ini sangat tidak kami harapkan terjadi. Kami berharap dan berupaya semaksimal mungkin agar kejadian ini tidak akan terjadi kembali," ujar Direktur Utama PT Waskita Sriwijaya Tol Herwidiakto dalam keterangan resmi, Minggu (9/1/2022).

Dia mengungkapkan kronologi kecelakaan lalu lintas di ruas tol Kayu Agung-Palembang-Betung pada akhir pekan lalu. Korban kecelakaan bernama Febi Khoirunnisa menggunakan kendaraan Honda Brio yang melaju dari arah Palembang (Kramasan) menuju Kayu Agung. Dalam perjalanan, kendaraan tersebut menabrak Median Concrete Barrier (MCB) Beton. Atas kejadian tersebut.

Menurut Herdiwiakto, saat ini pihak Kepolisian Lalu Lintas Kabupaten Ogan Ilir sudah melakukan olah TKP, dan sedang dalam proses analisis.

Pihak Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) akan membantu pihak kepolisian lalu lintas dalam proses olah TKP tersebut. Saat ini lokasi kejadian kembali telah dapat dilalui kendaraan secara normal sejak kecelakaan dua hari lalu.

Memasuki musim penghujan, dia mengungkapkan PT Waskita Sriwijaya Tol telah melakukan upaya peningkatan monitor dan pemeriksaan kondisi ruas tol Kapal Betung dengan melakukan peningkatan patrol. Waskita Sriwijaya Tol melakukan upaya perbaikan secara optimal jika terdapat kerusakan di badan jalan tol.

Herdiwiakto mengatakan pihaknya akan melakukan beberapa rencana aksi, di antaranya peningkatan patrol di sepanjang ruas tol Kapal Betung, dan penambahan rambu-rambu di sepanjang ruas untuk memberikan informasi yang secepatnya kepada para pengguna jalan tol.

"Selain itu, kami juga mulai melakukan penutupan lubang pada badan jalan yang rusak dengan aspal khusus yang reaksinya cepat, sehingga dapat segera dilalui oleh kendaraan," imbuhnya.

Direktur Utama PT Waskita Toll Road Septiawan Andri Purwanto secepatnya mengerahkan tim perbaikan yang lebih banyak, patrol 24 jam dengan intensitas yang lebih tinggi untuk lebih cepat mengetahui kerusakan yang terjadi.

"Hal ini dilakukan agar tim dapat segera melakukan antisipasi perbaikan dengan cepat dan akurat di sepanjang ruas tol," ujarnya.

Dia menegaskan perbaikan yang dilakukan tidak hanya cepat, namun kualitas perbaikannya juga baik dan tahan lama, Monitoring kondisi jalan akan terus dilakukan sampai konsolidasi tanah settlement yang terjadi memasuki fase stabil.

"Kami menghimbau para pengguna jalan agar selalu berhati-hati ketika berkendara, setiap pengendara wajib waspada, memperhatikan rambu-rambu lalu lintas dan informasi keselamatan pada papan VMS, serta memperhatikan batas maksimal kecepatan yang tersedia di sepanjang ruas tol," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper