Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mekanisme Baru, Simak Cara Mendaftar SNMPTN-SBMPTN Tahun 2022

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi telah menyosialisasikan mekanisme penerimaan mahasiswa baru (PMB) di 75 PTN.
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 06 Januari 2022  |  12:45 WIB
Peserta mengikuti SBMPTN-UTBK di Universitas Negeri Padang, Senin. - Antara/Mutiara Ramadhani
Peserta mengikuti SBMPTN-UTBK di Universitas Negeri Padang, Senin. - Antara/Mutiara Ramadhani

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mochamad Ashari menyampaikan, sejak 1 Desember 2021, pihaknya telah menyosialisasikan mekanisme penerimaan mahasiswa baru (PMB) di 75 perguruan tinggi negeri (PTN).

Hal itu berkaitan perubahan mekanisme jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). 

Dalam penerimaan mahasiswa baru PTN tahun 2022, menurut dia, satuan pendidikan dan siswa harus melakukan registrasi akun pada laman LTMPT terlebih dahulu melalui https: //portal.ltmpt.ac.id.

Berbeda dengan tahun 2021, kegiatan registrasi akun LTMPT bagi sekolah dan siswa pada tahun 2022 tidak bersamaan agar bisa memberi kesempatan sekolah untuk mendaftar dan mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

“Registrasi akun LTMPT bagi sekolah dimulai pada 4 Januari 2022, sedangkan registrasi akun LTMPT bagi siswa dimulai pada 10 Januari 2022. Batas akhir registrasi akun bagi sekolah dan siswa adalah sama yaitu 15 Februari 2022. Dilanjutkan dengan penetapan siswa yang memenuhi syarat oleh sekolah mulai 4 Januari hingga 8 Februari 2022,” ujarnya, dikutip dari keterangan resmi, Kamis (6/1/2021).

Sementara itu, pengisian PDSS dimulai 8 Januari hingga 8 Februari 2022. Pendaftaran SNMPTN akan berlangsung pada 14 sampai 28 Februari 2022.

Pengumuman hasil SNMPTN dijadwalkan pada 29 Maret 2022. Adapun, UTBK-SBMPTN tahun 2022 menggunakan komputer dan biaya ditanggung oleh peserta serta disubsidi oleh pemerintah.

“Beragam bentuk tes masuk perguruan tinggi negeri yang nantinya akan dilaksanakan secara luring terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh sebagian pihak agar mampu menyiapkan pilihan yang sesuai dengan minat supaya kegiatan perkuliahan di kedepannya mampu berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan awal,” ujar Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Ristek, dan Teknologi (Plt. Dirjen Diktiristek), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nizam.

SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh PTN dengan biaya subsidi penuh pemerintah.

Adapun, SBMPTN adalah seleksi calon mahasiswa baru PTN berdasarkan hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) saja, atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

Tahapan mengikuti SBMPTN tahun 2022 diawali dengan registrasi akun LTMPT pada 14 Februari sampai dengan 17 Maret 2022.

Secara spesifik mekanisme dan sosialisasi UTBK-SBMPTN akan dilakukan sampai dengan 15 April 2022. Pendaftaran UTBK- SBMPTN pada 23 Maret sampai dengan 15 April 2022.

 Pelaksanaan UTBK-SBMPTN dilakukan dalam dua gelombang di 74 Pusat UTBK PTN. Gelombang 1 pada 17 sampai dengan 23 Mei 2022, dan Gelombang 2 pada 28 Mei sampai dengan 3 Juni 2022.

Pada tahun 2022 pelaksanaan UTBK-SBMPTN dilakukan tidak pada bulan puasa. Pengumuman hasil seleksi jalur SBMPTN dijadwalkan pada 23 Juni 2022. Masa unduh sertifikat UTBK pada 25 Juni hingga 31 Juli 2022.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

SNMPTN sbmptn perguruan tinggi negeri
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top