Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Sebut Indonesia Mampu Tuntaskan Dua Kerja Besar di 2021

Jokowi menyebut sepanjang 2021, Indonesia memiliki dua kerja besar, yaitu memutus rantai penyebaran virus Covid-19 dan menjaga ekonomi tetap tumbuh di tengah pandemi.
Ahmad Thovan Sugandi
Ahmad Thovan Sugandi - Bisnis.com 01 Januari 2022  |  11:30 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers terkait perkembangan Covid-19, Kamis (16/12 - 2021), dari Istana Merdeka, Jakarta / Tangkapan YouTube Sekretariat Presiden.
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers terkait perkembangan Covid-19, Kamis (16/12 - 2021), dari Istana Merdeka, Jakarta / Tangkapan YouTube Sekretariat Presiden.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia telah mampu melewati dua tantangan dan kerja besar sepanjang 2021.

Jokowi menyebut, sepanjang 2021, Indonesia memiliki dua kerja besar, yaitu memutus rantai penyebaran virus Covid-19 dan menjaga ekonomi tetap tumbuh di tengah pandemi.

"Pandemi dan ekonomi ibarat dua tubuh di ujung ayunan yang harus kita jaga agar tetap seimbang," kata Jokowi dalam unggahan Instagram, Jumat (31/12/2021).

Jokowi mengatakan, pandemi saat ini makin melandai karena kepatuhan terhadap protokol kesehatan dan gencarnya vaksinasi di berbagai daerah.

Dia menjelaskan, target 208 sasaran vaksinasi saat ini terus dikejar. Pada 30 Desember 2021 sebanyak 273 dosis vaksin telah disuntikkan, terdiri dari 160 juta dosis pertama dan 113 dosis vaksin lengkap.

Selain masalah pandemi, menurut Jokowi, Indonesia sempat mengalami resesi dan perlambatan ekonomi di berbagai sektor. "Pertumbuhan ekonomi Indonesia sempat minus," ujarnya.

Namun, keadaan tersebut dapat dipulihkan karena kerja keras yang dilakukan masyarakat dan pemerintah. Hal itu dibuktikan dengan catatan pada triwulan III 2021 tumbuh 3,51 persen dibandingkan dengan triwulan III 2020.

Adapun, kemajuan teknologi, kata Jokowi, telah memantik pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Pada 2021 nilai e-commerce keseluruhan mencapai US$24,8 miliar.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Resesi Covid-19 pandemi corona
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top