Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gunung Semeru Erupsi, Korban Nihil

Kepala BPBD Provinsi Jawa Timur Budi Santosa menyampaikan adanya peningkatan aktivitas Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 04 Desember 2021  |  17:20 WIB
Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang mengalami erupsi disertai memuntahkan awan panas guguran, pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB. - Istimewa
Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang mengalami erupsi disertai memuntahkan awan panas guguran, pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur Budi Santosa menyampaikan adanya peningkatan aktivitas Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang mengalami erupsi disertai memuntahkan awan panas guguran, pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB.

“Pada hari Sabtu, Desember 2021 pukul 15.00 WIB. Terjadi penigkatan Aktivitas Gunung Berapi Semeru disertai Awan Panas Guguran. Dihimbau menjahui daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru,” ujarnya lewat rilisnya, Sabtu (4/12/2021).

Dia menyebut hingga saat ini korban atas dampak erupsi masih terhitung nihil, khususnya di lokasi Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Adapun, dampak dari erupsi dalam pendataan.

Dia turut memaparkan hujan abu juga terjadi di sekitar Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, serta Supiturang, Pronojiwo, Lumajang. Warga diminta untuk menyelamatkan diri.

Selain itu, Budi juga memperingatkan agar warga yang berada di sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru untuk mengevakuasi diri ke wilayah yang aman. Dilaporkan guguran material letusan Semeru dan awan panas menuju Curah Kobokan, Lumajang.

“Saat ini upaya yang dilakukan agen Bencana Prov. Jatim dan TRC PB BPBD Kab. Lumajang menuju lokasi untuk assesment dan melakukan evakuasi warga di sekitar Gunung Semeru. Sementara, BPBD Kabupaten Lumajang Berkoordinasi dengan perangkat desa setempat. Demikian laporan ini, perkembangan akan kami sampaikan selanjutnya,” kata Budi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gunung Semeru
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top