Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dongkrak Kualitas Kesehatan dan Pangan, BRIN Siapkan 2 Organisasi Riset

BRIN tengah menyiapkan pembentukan 2 organisasi riset (OR), yakni OR Kesehatan dan Gizi serta OR Pangan dan Pertanian.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 30 November 2021  |  09:14 WIB
Peneliti medis beraktivitas di ruang riset vaksin Covid-19. - Antara
Peneliti medis beraktivitas di ruang riset vaksin Covid-19. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tengah menyiapkan pembentukan 2 organisasi riset (OR), yakni OR Kesehatan dan Gizi serta OR Pangan dan Pertanian.

Organisasi disiapkan untuk menghasilkan produk hasil riset berkualitas yang mampu menjawab tantangan dan permasalahan yang dihadapi bangsa saat ini.

Tujuannya meningkatkan daya saing dan kemandirian bangsa melalui kontribusi IPTEK dan pendidikan tinggi dalam perekonomian

Menurut Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, kesehatan dan pangan merupakan bidang atau sektor fundamental dalam pembangunan nasional.

“Jumlah penduduk Indonesia yang terus bertambah menjadi salah satu pertimbangan penting bahwa sektor kesehatan dan pangan harus mendapat perhatian serius,” ujar Handoko dalam siaran pers seperti dikutip, Selasa (30/11/2021).

BRIN, sambungnya, akan memberikan dukungan dan sekaligus memfasilitasi pelaksanaan kegiatan riset dan inovasi di bidang kesehatan dan pangan. 

Handoko berharap kedua OR tersebut di atas sudah bisa disiapkan dalam waktu dekat, sehingga kegiatan lanjutan riset dan inovasi bidang kesehatan dan pangan bisa terus berjalan dengan baik.

Sejalan dengan hal tersebut, BRIN terus melakukan konsolidasi sumberdaya IPTEK dan menciptakan ekosistem riset dan inovasi yang terbuka dan kolaboratif, termasuk untuk bidang kesehatan dan pangan. Namun demikian, tantangan yang dihadapi untuk kedua bidang tersebut membutuhkan penguatan ekosistem riset dan inovasi.

“Untuk itu, langkah-langkah penguatan ekosistem riset dan inovasi yang terbuka dan kolaboratif disertai dengan refocusing kegiatan serta transformasi proses bisnis dan manajemen riset perlu segera diwujudkan,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riset Badan Riset dan Inovasi Nasional-BRIN
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top