Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kamala Harris Jadi Presiden AS Selama 85 Menit

Sudah menjadi rutinitas bagi seorang wakil presiden untuk mengambil alih kekuasaan presiden sementara presiden menjalani prosedur medis yang membutuhkan anestesi. Wakil Presiden saat itu Dick Cheney melakukannya beberapa kali ketika Presiden George W. Bush menjalani kolonoskopi rutin.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 21 November 2021  |  08:34 WIB
Wakil Presiden terpilih AS Kamala Harris menyapa pendukungnya saat menyampaikan pidato kemenangan di Wilmington, Delaware, AS, Sabtu (7 /11/2020). Bloomberg - Sarah Silbiger\r\n
Wakil Presiden terpilih AS Kamala Harris menyapa pendukungnya saat menyampaikan pidato kemenangan di Wilmington, Delaware, AS, Sabtu (7 /11/2020). Bloomberg - Sarah Silbiger\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joe Biden untuk sementara mengalihkan kekuasaan kepada Wakil Presiden Kamala Harris ketika dia berada di bawah anestesi untuk kolonoskopi rutin selama satu jam 25 menit, menurut Gedung Putih.

Kejadian tersebut terjadi pada hari Jum'at (19 November 2021)

Wakil presiden wanita pertama, kulit hitam pertama, dan wakil presiden Asia Selatan pertama di negara itu menggantikan sementara posisi Biden dengan bekerja dari kantornya di Sayap Barat sementara Biden berada di bawah anestesi.

"@POTUS berbicara dengan @VP dan @WHCOS sekitar pukul 11:35 pagi ini. @POTUS bersemangat dan pada saat itu melanjutkan tugasnya. Dia akan tetap di Walter Reed saat dia menyelesaikan sisa latihan fisik rutinnya," Psaki tweeted dilansir dari CNN.

Biden, yang berusia 79 tahun pada hari Sabtu, menjalani pemeriksaan rutin di Walter Reed Medical Center. Ini merupakan pemeriksaan fisik rutin tahunan pertamanya sejak menjabat.

Sudah menjadi rutinitas bagi seorang wakil presiden untuk mengambil alih kekuasaan presiden sementara presiden menjalani prosedur medis yang membutuhkan anestesi. Wakil Presiden saat itu Dick Cheney melakukannya beberapa kali ketika Presiden George W. Bush menjalani kolonoskopi rutin.

Untuk secara resmi mentransfer kekuasaan presiden ke Harris, Biden mengirim surat kepada Ketua DPR Nancy Pelosi dan Senator Demokrat Patrick Leahy dari Vermont, presiden sementara Senat, pada 10:10 ET sebelum dibius.

Surat itu berbunyi: "Hari ini saya akan menjalani prosedur medis rutin yang memerlukan obat penenang. Mengingat keadaan saat ini, saya telah memutuskan untuk mengalihkan sementara kekuasaan dan tugas kantor Presiden Amerika Serikat kepada Wakil Presiden selama periode singkat prosedur dan pemulihannya."

Bagian 3 dari Amandemen ke-25 Konstitusi AS mengatakan Presiden dapat mengirim surat kepada ketua Dewan Perwakilan Rakyat dan presiden sementara Senat yang menyatakan bahwa mereka "tidak dapat menjalankan kekuasaan dan tugas jabatannya, dan sampai ia menyampaikan kepada mereka pernyataan tertulis yang bertentangan, kekuasaan dan tugas tersebut akan diberhentikan oleh Wakil Presiden sebagai Penjabat Presiden."

"Sesuai dengan ketentuan bagian 3 Amandemen Kedua Puluh Lima Konstitusi Amerika Serikat, dengan ini saya menyampaikan kepada Anda pernyataan tertulis saya bahwa saya dapat melaksanakan kekuasaan dan tugas Kantor Presiden Amerika Serikat dan bahwa saya melanjutkan kembali wewenang dan tugas itu," bunyi surat yang dikirim ke Pelosi dan Leahy.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Joe Biden Kamala Harris
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top