Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Fakta Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Berikut sejumlah fakta unik Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Apa saja ya?
Mandalika
Mandalika

Bisnis.com, SOLO - Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat atau NTB, kini menjadi sorotan masyarakat.

Seperti yang diketahui, kini ia tengah menjadi venue untuk ajang balap sepeda motor World Superbike (WSBK). Pada Maret 2022, rencananya MotoGP juga berjalan di sana.

Namun, sudahkah Anda tahu fakta-fakta menarik di balik sirkuit ini? Jika belum, yuk langsung simak rangkuman berikut dan cari tahu informasi uniknya.

1. Nama Mandalika

Mandalika berasal dari nama tokoh legenda suku Sasak, yakni Putri Mandalika. Rencananya, kisah Putri Mandalika akan menjadi penutup acara World Superbike pada Minggu (21/11/2021) ini.

2. Pit building berasal dari produk Indonesia

Pembangunan pit building dirancang non-permanen sebagaimana sirkuit kelas dunia lainnya. Pembangunan pit building tersebut sepenuhnya menggunakan produk modular dalam negeri yang dikerjakan dalam tempo 1,5 bulan.

3. Street Circuit

Head of Operations Sporting Mandalika Grand Prix Association, Dyan Dilato mengatakan inner dan outer road di Sirkuit Mandalika bisa diakses oleh publik untuk beraktivitas ketika sedang tidak digunakan. Hanya saja, publik tetap tidak boleh mengakses trek utama sepanjang 4,32 kilometer.

4. Dikelilingi destinasi wisata populer

Kawasan Sirkuit Mandalika begitu indah dan dikelilingi destinasi wisata populer di Lombok, NTB. Para penonton balapan di Sirkuit Mandalika bisa memanjakan mata dengan pemandangan indah Bukit Merese yang menjadi tempat terbaik untuk melihat matahari terbenam.

Ada pula Pantai Tanjung Aan dan Pantai Kuta Mandalika yang cocok untuk berwisata. Para wisatawan dapat melakukan aktivitas menarik di pantai, seperti windsurfing hingga paralayang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper