Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Raih 11 Medali di IEYI 2021, BRIN: Pandemi Bukan Alasan Putus Prestasi

Indonesia meraih 11 medali terdiri dari emas, perak dan perunggu di ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) tahun 2021.
Kawasan riset life sciences di Cibinong Science Center (CSC) tersedia berbagai sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung riset bidang ilmu pengetahuan hayati, termasuk molekuler./Istimewa
Kawasan riset life sciences di Cibinong Science Center (CSC) tersedia berbagai sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung riset bidang ilmu pengetahuan hayati, termasuk molekuler./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Delegasi Indonesia berhasil meraih 11 medali di ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) tahun 2021.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Edy Giri Rachman Putra memerinci delegasi Indonesia mendapat 11 penghargaan yang terdiri dari 4 medali emas, 5 medali perak dan 2 medali perunggu.

“Delegasi yang merupakan pembinaan dari BRIN ini adalah para pemenang pada program National Young Inventor Award (NYIA) ke-12, yang diselenggarakan pada tahun 2020 ,” ujarnya dikutip dari laman BRIN, Kamis (4/11/20211).

Edy melanjutkan, keberhasilan para delegasi ini merupakan indikator peningkatan kualitas meneliti dikalangan remaja. Bahkan, membuktikan pandemi Covid-19 tidak memutus semangat remaja di Indonesia untuk terus berinovasi.

Dijelaskan, sebelum tim berangkat, BRIN melalui Pembinaan Ilmiah telah memberikan bimbingan dan arahan agar peserta memperoleh gambaran tentang kompetisi tersebut, sehingga mereka memiliki kesiapan dan kepercayaan diri.

Selain itu, faktor kebaruan juga menjadi poin penting dalam penilaian karya peserta. Diharapkan capaian yang telah diperoleh bisa memacu tim NYIA 2020 untuk menjadi periset-periset andal Indonesia pada masa depan

Berikut hasil temuan dan para peraih penghargaan IEYI 2021, antara lain:

Golden Award

Scrambel Grain Robot (SCRAINBOT), dengan inventor Salsabila Dinis Oktavista dan Meylani Putri Eka Wardani dari SMA One Jetis, Ponorogo.

Smart Sink Portable Filter (SWAPER) The Applicatiob of Rotating Water Cycle to Save the Use of Clean Water, dengan inventor Ahmad Raihan Maulana dan Wildan Ramadan dari SMA AK Nusa Bangsa.

Digital Vein Viewer (For Easily Detect Vein Using Image Processing), dengan inventor Muhammad Abyan Ermansyah dari SMA Muhammadiyah 2 Surabaya.

DETECTIVE PEN, dengan inventor Ginaris Sekar Arum Pinasti dan Almas Fauziyah dari MAN 2 Kudus.

Silver Award

CLIMBCATION (Climbing Communication Device), dengan inventor Muhammad Lutfi Usman dan Ratna Juwita Salensehe, dari SMA Averos.

M2CalTion-PTM (Magnetic Mixer Chemical Solution for Application Laboratory), dengan inventor Muhammad Farhan Putra Pratama dan Robert, dari SMA 1 Tarakan.

Anti-Sleep Bracelet for Drivers, dengan inventor Kinanti Wening Asih dan Ghixandra Julyaneu Irawadi, dari SMA 3 Bandung.

Muslim Prayer Guide Wireless Devices, dengan inventor Salsabila Gracia Anastasia dan Ramadena Paturahman, dari SMA Averos.

SADFOREST (SMART ALERT DETECT FOR DEFORESTATION), dengan inventor Mukhammad Sholikhuddin dan Nabil Nasruddin Al Muttawakkil, dari SMA Muhammadiyah 2, Sidoarjo.

Bronze Award

S-Gyice 4th Generation: Sound Energy Harvester Device Based on Piezoelectric to Optimize the Potency of Micro Energy Source, dengan inventor Thoriq Ahmad Izzuddin, dari MTsN 1, Malang.

NAPODIC (Non-Pollutant Disinfectant), dengan inventor Annisa Muizaningtyas Rosyidahlia dan Salma Rofidatul Jannah, dari SMA Trensains Muhammadiyah, Sragen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper