Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Demokrat Desak Pemerintah Turunkan atau Tanggung Biaya Tes PCR Penumpang Pesawat

Penumpang pesawat tes PCR sebelum berangkat, dan Partai Demokrat menilai hal itu memberatkan masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah diminta menanggung atau menurunkan tarif tes PCR.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 22 Oktober 2021  |  16:56 WIB
Demokrat Desak Pemerintah Turunkan atau Tanggung Biaya Tes PCR Penumpang Pesawat
Bandara Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara. - Dok. Angkasa Pura I
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah mewajibkan penumpang pesawat melakukan tes PCR 2x24 jam sebelum keberangkatan. Aturan ini dituangkan melalui Instruksi Menteri Dalam (Inmendagri) No. 53/2021 tentang PPKM Level 3, 2, dan 1 di Jawa dan Bali.

Anggota Komisi Perhubungan DPR dari Fraksi Demokrat Irwan mengatakan bahwa aturan ini memberatkan masyarakat yang sudah terpukul akibat pandemi. Semestinya, biaya tes PCR ditanggung pemerintah.

“Sejak awal sudah minta pemerintah agar ambil alih tanggung jawab terkait biaya PCR. Jangan rakyat yang sudah susah harus menanggung beban deritanya,” katanya melalui pesan instan, Jumat (22/10/2021).

Irwan menjelaskan bahwa pemerintah berkontribusi besar menambah derita rakyat dengan mewajibkan PCR bagi penumpang pesawat tanpa menanggung biayanya atau menurunkan harga menjadi terjangkau.

Wakil Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPR ini sepakat masih rendahnya realisasi vaksinasi menjadikan PCR tetap salah satu alat menekan penyebaran Covid-19.

"Tetapi yang utama adalah pemerintah harus punya solusi yang bijaksana dan bukan justru menambah derita rakyat,” jelasnya.

Oleh karena itu, jika pemerintah tidak mampu menanggung biaya PCR, maka setidaknya pemerintah bisa menurunkan kembali standar biaya PCR. Menurutnya, nominal Rp450.000-Rp550.000 masih tinggi.

“Tentu harga PCR ini harus bisa diturunkan ke harga yang terjangkau oleh seluruh pengguna transportasi udara,” desak Irwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

partai demokrat Tes PCR
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top