Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luhut: Penangangan Covid-19 RI Dipuji Dunia, Awalnya Dilecehkan Bangsa Sendiri

Luhut Pandjaitan menyatakan pengalaman penanganan Covid-19 menunjukkan bahwa Indonesia mampu beradaptasi dalam kondisi yang kini sangat dinamis.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa keberhasilan Indonesia mengendalikan pandemi Covid-19 menjadi bukti kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara kuat dan mampu menyelesaikan setiap persoalan yang dihadapi.

“Kita juga harus percaya bahwa bangsa ini bisa menyelesaikan masalahnya sendiri. Jadi jangan terlalu kita merasa bahwa orang lain lebih bagus dari kita. Sekali lagi kita sudah buktikan dengan penanganan Covid-19 yang begitu kompleks, Indonesia dipuji berbagai dunia, di mana pada awalnya, kita dilecehkan, di-bully oleh bangsa sendiri," kata Luhut dalam sambutan pembukaan ajang CMSE 2021 dikutip dari YouTube Indonesia Stoke Exchange, Kamis (14/10/2021).

Menurutnya, pengalaman penanganan Covid-19 menunjukkan bahwa Indonesia mampu beradaptasi dalam kondisi yang kini sangat dinamis.

Luhut mengatakan, pada pertengahan Juni lalu, Indonesia menghadapi situasi sulit yaitu gelombang kedua kasus Covid akibat penyebaran varian Delta.

Pada saat itu, kata Luhut, kasus harian yang biasanya di bawah 10.000, melonjak hingga ke angka 56.000 hanya dalam beberapa hari.

Lalu, kasus aktif tercatat lebih dari 550.000 sehingga mengakibatkan kapasitas fasilitas pelayanan kesehatan berada di ambang batas.

Dengan kondisi tersebut, pemerintah mengambil keputusan untuk menerapkan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), seiring dengan penambahan kapasitas fasilitas kesehatan untuk menangani pasien Covid-19.

"Per 3 Juli [2021], pemerintah menerapkan PPKM darurat level Jawa dan Bali dengan menurunkan mobilitas masyarakat sehingga kasus harian dapat ditekan serta memberi waktu pemerintah menyiapkan fasilitas kesehatan," ujar Luhut.

Adapun, berdasarkan evaluasi PPKM pada 11 Oktober 2021, situasi pandemi Covid-19 menunjukkan perbaikan.

Kasus konfirmasi harian nasional turun 98,4 persen, sementara kasus konfirmasi di Jawa-Bali juga menunjukan penurunan hingga 98,9 persen dari puncaknya pada 15 Juli 2021.

Dibandingkan dengan negara-negara tetangga di Asean, kasus Indonesia termasuk yang terendah. Covid-19 Recovery Index Indonesia yang dirilis oleh NIKKEI menunjukkan peringkat Indonesia sudah jauh lebih baik dibandingkan Singapura, Malaysia, hingga Thailand.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper