Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Trudeau Diprediksi Menangkan Pemilu Kanada

Partai Liberal diperkirakan akan memegang kekuasaan, tetapi CBC tidak segera menyatakan apakah partai tersebut akan mendapatkan minoritas atau mayoritas di parlemen.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 21 September 2021  |  10:54 WIB
PM Kanada Justin Trudeau - self.com
PM Kanada Justin Trudeau - self.com

Bisnis.com, JAKARTA - Partai Liberal pimpinan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau akan membentuk pemerintahan berikutnya, menurut proyeksi lembaga penyiaran publik negara itu (CBC) setelah pemilihan umum yang berlangssung ketat melawan oposisi partai Konservatif.

Partai Liberal diperkirakan akan memegang kekuasaan, tetapi CBC tidak segera menyatakan apakah partai tersebut akan mendapatkan minoritas atau mayoritas di parlemen Kanada.

Kandidat partai Liberal tersebut  menang atau memimpin di 152 daerah pemilihan yang dikenal dengan sebutan Ridings tepat sebelum pukul 11 malam waktu setempat, menurut proyeksi CBC sebagaimana dikutip Aljazeera.com, Selasa (21/9/2021).

Hasil akhir mungkin belum akan diumumkan pada hari ini menurut media Kanada karena petugas pemilu akan mulai menghitung ratusan ribu surat suara yang masuk pada pagi ini.

Untuk mendorong suara mayoritas, Trudeau meminta pemilihan cepat pada pertengahan Agustus lalu dan memberitahu para pemilih bahwa dia ingin mereka memiliki suara tentang bagaimana negara itu menyelesaikan perjuangannya melawan virus Corona.

Tetapi dia menghadapi tantangan berat dari partai Konservatif yang dipimpin oleh Erin O'Toole.

Para ahli mengatakan Trudeau, yang telah menjadi perdana menteri sejak 2015, berjuang untuk meyakinkan banyak pemilih tentang mengapa pemilihan diperlukan selama pandemi.

Partai Liberal memerintah sebagai pemerintahan minoritas yang didukung oleh partai-partai oposisi sejak mereka memenangkan 157 kursi dalam pemilihan federal terakhir pada tahun 2019 atau kurang dari ambang batas 170 kursi yang dibutuhkan untuk mayoritas.

Kali ini, kampanye pemilihan federal didominasi oleh kekhawatiran atas Covid-19 dan wajib vaksin, investasi di bidang kesehatan dan perawatan anak, rencana pemulihan ekonomi dan perumahan, di antara isu-isu lainnya.

O'Toole dan para pemimpin partai oposisi Kanada lainnya mengecam Trudeau karena mengadakan pemilihan selama gelombang keempat pandemi dzn memberikan tekanan pada pemimpin Liberal selama kampanye.

Berbicara kepada sukarelawan Partai Konservatif pada hari Minggu di Markham, Ontario, tepat di utara Toronto, O'Toole menuduh pemimpin Liberal menyerukan "pemilihan umum  berbiaya US$600 juta daripada fokus pada kesehatan orang".

Akan tetapi Trudeau, yang dilaporkan CBC terpilih kembali dalam perjalanannya di Montreal di Papineau, mengatakan pada malam Hari Pemilihan bahwa orang Kanada memiliki pilihan yang jelas: “Kami sekarang dapat memilih arah yang tepat untuk negara kami, untuk terus bergerak maju atau untuk membiarkan Konservatif membawa kita kembali mundur.”

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanada Justin Trudeau
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top