Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anggaran Pemilu 2024 Rp86 Triliun, Pakar: Digitalisasi Bisa Tekan Biaya

Digitalisasi pemilu terbukti mengurangi biaya seperti di Korea Selatan.
Pemilu 2024./Antara
Pemilu 2024./Antara

Bisnisi.com, JAKARTA - Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta Nurliah Nurdin memaparkan, anggaran pemilu yang diajukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 2024 sebesar Rp 86 triliun.

Angka tersebut meningkat dari pemilu tahun 2014 sebesar Rp16 triliun dan pemilu tahun 2019 Rp27 triliun.

Menurutnya, digitalisasi aktivitas pemilu dan pilkada 2024 bisa menjadi alternatif dalam menekan anggaran pemilu pada masa pandemi.

Hal itu disampaikannya dalam webinar Masyarakat Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) bertajuk “Sukseskan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Tengah Pandemi Covid-19”.

Acara tersebut dilaksanakan pada Selasa (21/9/2021) secara virtual.

“Pemilu tahun 2019 saja merupakan peringkat ketiga Pemilu termahal di dunia. Sementara, saat ini tengah terjadi pandemi Covid-19, perlu ada sense of crisis terhadap pandemi, jangan sampai masyarakat menjadi korban,” tuturnya.

Beberapa alternatif untuk menekan anggaran, di antaranya dengan melaksanakan kampanye yang lebih singkat, serta memanfaatkan alat atau teknologi yang canggih.

Nurliah merujuk negara Korea Selatan yang telah berhasil melakukan hal tersebut.

Di negara itu, persiapan pendaftaran pemilih dilakukan dalam waktu 5 hari; pendaftaran kandidat selama 2 hari; masa kampanye presiden, periode kampanye di Korea Selatan selama 12 hari; dan penerapan home voting.

“Kita belajar dari negara lain seperti Korea Selatan di masa pandemi,” ujarnya.

Adapun proses digitalisasi pemilu yang dilakukan Korea Selatan meliputi: elektoral campaign (kampanye pemilu digital), voter registration (pendaftaran digital), poll worker training (pemungutan suara digital), vote casting (pemberian suara secara digital), hingga electoral dispute resolution (penyelesaian pemilu secara digital).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Indra Gunawan
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper