Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

PPKM Level 3 dan 4 Luar Jawa-Bali: Berikut Aturan Ibadah, Sekolah dan Makan di Restoran

Khusus PPKM Level 4 di luar Jawa-Bali, akan ada penyesuaian di industri ekspor dan penunjangnya. Ini bisa beroperasi secara penuh dan apabila ditemukan klaster akan ditutup lima hari.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 09 Agustus 2021  |  21:12 WIB
PPKM Level 3 dan 4 Luar Jawa-Bali: Berikut Aturan Ibadah, Sekolah dan Makan di Restoran
Suasana kegiatan belajar mengajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 13 Bagan Besar Duma pada masa pandemi Covid-19 di Riau, Selasa (16/3/2021). - Antara\\r\\n
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah kembali memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 4 di luar Jawa-Bali yaitu pada 10-23 Agustus 2021.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan beberapa perubahan aturan PPKM Level 3 yang berlaku di 302 kabupaten/kota.

“Pertama, kegiatan belajar mengajar dapar dilakukan tatap muka maksimum 50 persen dengan prokes ketat,” katanya dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube Setpres, Senin (9/8/2021).

Lalu, industri orientasi ekspor dan penunjangnya diizinkan beroperasi 100 persen dengan protokol kesehatan ketat.

Menko mengingatkan, jika ditemukan klaster penularan Covid-19 di sana, maka akan ditutup selama lima hari.

Kemudian, masyarakat bisa makan di tempat atau dine-in di restoran tapi dengan kapasitas maksimal 50 persen.

Sementara itu, pusat pembelanjaan dibuka dengan kapasitas maksimal 50 persen dan seluruh pengunjung wajib menggunakan masker dan tempat ibadah dibuka untuk maksimal 25 persen kapasitas atau 50 orang dengan prokes ketat.

“Khusus PPKM Level 4 di luar Jawa-Bali, akan ada penyesuaian di industri ekspor dan penunjangnya. Ini bisa beroperasi secara penuh dan apabila ditemukan klaster akan ditutup lima hari dan tentu harus berbasis IOMKI serta dilakukan vaksinasi,” papar Menko.

Lebih lanjut, tempat ibadah dibuka maksimal 50 persen kapasitas atau 30 orang dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Airlangga memastikan bahwa aturan lengkap PPKM Level 3 dan 4 di luar Jawa-Bali akan dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri yang akan diterbitkan malam ini.

Adapun, sebanyak 45 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali ditetapkan berstatus PPKM level 4, lalu 302 kabupaten/kota menerapkan PPKM level 3, dan 39 kabupaten/kota berlevel 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airlangga hartarto Covid-19 PPKM Darurat
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top