Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

15 Rimbawan Muda Timor Leste Jebolan Pendidikan SMK Kehutanan di Indonesia

Hingga saat ini diketahui bahwa setidaknya terdapat 15 rimbawan muda Timor Leste adalah lulusan SMK Kehutanan Negeri di Indonesia. Belasan siswa tersebut telah siap mendarmabaktikan ilmu pengetahuan serta keterampilannya di Negara tetangga Timor Leste karena telah menyelesaikan beasiswa pendidikannya di Indonesia.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 09 Juli 2021  |  20:13 WIB
15 Rimbawan Muda Timor Leste Jebolan Pendidikan SMK Kehutanan di Indonesia
Petugas KLHK memeriksa lokasi kebakaran lahan atas konsesi PT Rambang Agro Jaya di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Hingga saat ini diketahui bahwa setidaknya terdapat 15 rimbawan muda Timor Leste adalah lulusan SMK Kehutanan Negeri di Indonesia.

Belasan siswa tersebut telah siap mendarmabaktikan ilmu pengetahuan serta keterampilannya di Negara tetangga Timor Leste karena telah menyelesaikan beasiswa pendidikannya di Indonesia.

Kepala BP2SDM Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Helmi Basalamah mengatakan bahwa penyelenggaraan pendidikan bagi siswa-siswi asal Timor Leste tersebut merupakan implementasi kerjasama teknis bidang peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Kerjasama tersebut yakni antara BP2SDM Kementerian LHK dan Ditjen Kehutanan, Kopi dan Tanaman Industri (KKTI) Kementerian Pertanian dan Perikanan Republik Demokratik Timor Leste dalam program Beasiswa Pendidikan di SMK Kehutanan Negeri binaan Kementerian LHK.

“Kerjasama RI-RDTL di tingkat Menteri dimulai dengan penandatanganan MoU pada 2015 dan implementasi program beasiswa SMKK oleh BP2SDM dimulai sejak 2016,” ujarnya seperti siaran resmi, Jumat (9/7/2021).

Dia menerangkan, MoU tersebut saat ini telah diamandemen sejak Agustus 2020 dan berlaku selama 6 tahun sampai 2027.

“Program beasiswa ini akan dilanjutkan mengikuti masa berlaku MoU dengan kuota penerimaan pelajar di 4 SMKKN di Indonesia yang berbeda sebanyak 5 orang setiap tahun,” ujarnya.

Terakhir, sebanyak 5 alumnus SMK Kehutanan Negeri Samarinda juga telah kembali ke Timor Leste sejak akhir Juni 2021.

Rombongan kepulangan purna siswa SMK Kehutanan Negeri asal Timor Leste ini merupakan angkatan yang ke-3.

Sebelumnya sebanyak 5 orang purna siswa SMK Kehutanan Negeri Kadipaten dan lima orang purna siswa SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru asal Timor Leste juga telah kembali ke negara asalnya secara berturut-turut pada pertengahan 2019 dan 2020.

Ditjen Kehutanan, Kopi dan Tanaman Industri (KKTI) Kementerian Pertanian dan Perikanan Republik Demokratik Timor Leste berharap implementasi pemberian beasiswa SMKK kepada putra-putri Timor Leste akan terus berkelanjutan.

Pasalnya dalam rangka pemenuhan kebutuhan SDM untuk meningkatkan pengelolaan hutan di Timor Leste.

Ditjen KKTI juga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah RI khususnya BP2SDM Kementerian LHK serta para pihak yang telah membantu melalui pemberian beasiswa SMKK mulai dari penerimaan hingga proses kepulangan sejak 2016.

Pemerintah Timor Leste melalui Ditjen KKTI telah menyiapkan posisi bagi purna siswa SMK Kehutanan Negeri sebagai pegawai/aparatur pemerintah di lingkungan Ditjen KKTI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kehutanan klhk
Editor : Puput Ady Sukarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top