Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Akhirnya Tampil Lagi ke Muka Publik, Trump Masih Ngotot Pemilu AS Curang

Dalam agenda Partai Republik di Cleveland itu, eks Presiden AS Donald Trump berpidato selama 90 menit dan tetap mengklaim pemilu 2020 dicuri darinya.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 27 Juni 2021  |  14:15 WIB
Eks Presiden AS Donald Trump. - Antara/Reuters
Eks Presiden AS Donald Trump. - Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Presiden AS Donald Trump kembali turun ke jalan untuk melakukan kampanye musim panas bertajuk Save America di Ohio dengan kembali menyuarakan klaim berlebihan dan dukungannya terhadap Republikan.

Dilansir Bloomberg Minggu (27/6/2021), agenda di Cleveland ini merupakan penampilan publik pertama Trump untuk mendukung pelengseran 10 anggota Kongres yang memakzulkannya dan mendukung kandidatnya.

Dalam sebuah pidato yang berlangsung sekitar 90 menit, Trump mengatakan bahwa semua yang telah dia siapkan sia-sia dan mengulangi beberapa kali klaim palsunya bahwa pemilihan 2020 dicuri darinya.

Dalam serangkaian klaim palsu tentang kecurangan pemilu, Trump mengatakan malu dengan Mahkamah Agung, di mana dia mendukung tiga dari sembilan hakimnya.

“Kami telah memenangkan pemilu dua kali, dan mungkin kami akan menang untuk ketiga kalinya,” kata Trump pada Sabtu (26/6/2021) waktu setempat.

Pidatonya disambut dengan teriakan, “Trump menang. Trump menang.”

Trump telah menyiapkan rangkaian acara, termasuk di balai kota di perbatasan Texas-Meksiko pada minggu depan dan menghadiri Hari Kemerdekaan Partai Republik Florida.

Dia dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengumpulkan uang guna kebutuhan politik atau legal di masa depan. Selain itu acara ini juga untuk meningkatkan profilnya mengingat akun media sosialnya masih ditutup.

Acara Ohio itu seolah-olah sengaja untuk mendukung mantan ajudan Gedung Putih Max Miller, yang berbicara di hadapan Trump dan mencalonkan diri dalam pemilu paruh waktu 2022 melawan Perwakilan Republik Anthony Gonzalez, salah satu yang memakzulkan Trump.

Kampanye diadakan di sebelah barat distrik daerah pemilihan Gonzalez di Lorain County, yang pernah menjadi basis Demokrat yang dimenangkan Barack Obama dua kali. Hillary Clinton mengalahkan Trump dengan hanya 131 suara pada 2016 dan Trump menang dengan lebih dari 3.800 suara pada tahun lalu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat Donald Trump

Sumber : Bloomberg

Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top