Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

YPA-MDR Kirim Guru Muda ke Wilayah Prasejahtera

Ketua Pnegurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan program ini diselenggarakan dalam rangka terciptanya misi besar YPA-MDR untuk meningkatkan mutu pendidikan di wilayah prasejahtera dengan menghadirkan guru-guru muda yang mempunyai kompetensi dan idealisme memajukan pendidikan di Indonesia.
Program Guru Muda Garda Depan (GMGD)
Program Guru Muda Garda Depan (GMGD)

Bisnis.com, JAKARTA - PT. Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim  (YPA-MDR) kembali menggelar Program Guru Muda Garda Depan (GMGD) dengan menghadirkan guru-guru muda untuk memajukan pendidikan Indonesia khususnya di wilayah prasejahtera. 

Ketua Pnegurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan program ini diselenggarakan dalam rangka terciptanya misi besar YPA-MDR untuk meningkatkan mutu pendidikan di wilayah prasejahtera dengan menghadirkan guru-guru muda yang  mempunyai kompetensi dan idealisme memajukan pendidikan di Indonesia.

Herawati mengatakan peserta program ini nantinya akan ditempatkan di sekolah-sekolah binaan yang berlokasi di Kabupaten Rote Ndao di Kecamatan Rote Barat pada akhir bulan Juni tahun ini.

"Program ini merupakan salah satu upaya kami untuk  menjadikan Kecamatan Rote Barat menjadi “Kecamatan Cerdas – Berprestasi” serta  akselerasi sekolah unggul. Kehadiran guru-guru muda ini diharapkan menghasilkan  peserta didik yang berkualitas dalam bidang akademik, berkarakter positif dan  mempunyai kecakapan hidup serta melestarikan seni budaya daerahnya," ujarnya.

Melalui program Guru Muda Indonesia, YPA-MDR menargetkan adanya perubahan  sikap positif Siswa, Guru, Kepala Sekolah, dan berbagi aktor pendidik terkait. 

Herawati menambahkan peserta program GMGD yang terpilih diangkatan kedua ini  diharapkan mempunyai semangat tinggi untuk mendidik, mengajar dan membimbing  siswa binaan YPA-MDR di wilayah prasejahtera untuk turut meningkatkan mutu  pendidikan Indonesia di wilayah prasejahtera.

Alumni Program GMGD angkatan pertama, Henry Alvredh mengatakan “banyak sekali manfaat yang didapat setelah mengikuti program guru muda dari YPA-MDR ini. Berbagai inovasi kami lakukan untuk dapat meningkatkaan kemampuan siswa dan memberikan dampak positif terhadap kemajuan pendidikan di sekolah”. 

Sebelumnya, proses perekrutan dan seleksi dilakukan pada bulan Mei dan terpilih  sebanyak 16 orang peserta sebagai angkatan kedua GMGD. Para peserta terpilih akan mendapatkan pelatihan secara intensif meliputi berbagai materi utama yaitu School Collaboration System (SCS), Pedagogi, Karakter, Profesionalisme Guru, Kurikulum  2013 dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bekerja sama dengan berbagai  narasumber yang kompeten dibidangnya. 

Berikut beberapa peran GMGD dalam program tersebut :

1. Mitra Sekolah; Guru Muda bukan narasumber, tetapi sebagai salah satu mitra  sekolah untuk bekerjasama memajukan sekolah  

2. Pendamping; Menjadi Guru sekaligus tutor bagi guru dan/atau kepala sekolah  dalam implementasi meteri pelatihan di sekolah  

3. Inisitor; Guru muda harus paham terhadap setiap kebijakan pendidikan dan  perkembangan informasi/teknologi terbaru, sehingga bisa mengarahkan sekolah untuk selangkah lebih maju  

4. Agent Ganda; Selain sebagi mitra sekolah, Guru Muda juga merupakan perpanjangan tangan dari YPA-MDR (PIC in charge) dan Narasumber 

5. Fasilitator; Guru Muda akan berperan sebagai fasilitator dalam Manajemen  Berbasis Sekolah (MBS) 

Hingga saat ini, YPA-MDR telah membina 110 sekolah (jenjang SD, SMP dan SMK/SMA)  yang tersebar di 13 kabupaten, yaitu Kabupaten Lampung Selatan, Serang,  Tangerang, Bogor, Majalengka, Kapuas, Kutai Barat, Barito Utara, Bantul, Gunung Kidul,  Pacitan, Kupang dan Rote Ndao.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper