Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Daerah Hadapi Keterbatasan, Kemendagri: Budayakan Inovasi

Inovasi daerah merupakan upaya untuk mencapai tujuan utama penerapan otonomi daerah yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan publik dan daya saing daerah.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 11 Juni 2021  |  08:36 WIB
Ilustrasi - Aparatur Sipil Negara (ASN) Bagian umum Sekretariat Pemerintah Kota Banda Aceh kembali beraktivitas pada hari pertama masuk kerja di Banda Aceh, Aceh, Senin (10/6/2019). - ANTARA - Irwansyah Putra\r\n
Ilustrasi - Aparatur Sipil Negara (ASN) Bagian umum Sekretariat Pemerintah Kota Banda Aceh kembali beraktivitas pada hari pertama masuk kerja di Banda Aceh, Aceh, Senin (10/6/2019). - ANTARA - Irwansyah Putra\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri mendorong pemerintah daerah agar membudayakan penciptaan atau pelibatan inovasi dalam pelaksanaan roda pemerintahan.

Kepala Badan Litbang Kemendagri, Agus Fatoni mengatakan inovasi daerah merupakan upaya untuk mencapai tujuan utama penerapan otonomi daerah yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan publik dan daya saing daerah.

Menurutnya, pemerintah daerah memiliki keterbatasan dalam beberapa hal, sehingga perlu didukung melalui penerapan inovasi. Terlebih di era saat ini, komunikasi antardaerah tidak lagi terhalang oleh sekat-sekat batas wilayah. Dia menegaskan beragam informasi dan layanan mestinya dapat diakses dengan mudah.

“Oleh karenanya daerah harus memacu kinerjanya dengan melakukan inovasi,” ujar Kepala Badan Litbang Kemendagri, Agus Fatoni dalam keterangan resminya dikutip Jumat (11/6/2021).

Fatoni menambahkan, Badan Litbang Kemendagri dan Badan Litbang di daerah memiliki peran strategis dalam memberikan rekomendasi kebijakan, termasuk menumbuhkan inovasi. Dia menjelaskan, untuk mempercepat inovasi, dapat diawali dengan penyamaan persepsi tentang inovasi daerah.

Penyamaan ini lanjutnya harus dipahami oleh berbagai pihak, baik pemerintah pusat, daerah, maupun masyarakat. Dengan begitu, inovasi menjadi sebuah gerakan yang mampu dilakukan setiap saat.

Dia meminta Pemda tidak terjebak rutinitas kerja yang monoton dengan hasil kurang maksimal. Dengan penerapan tersebut, diharapkan mampu mencapai tujuan otonomi daerah.

Kemendagri sebagai pembina umum penyelenggaraan pemerintah daerah, dan Mendagri sebagai koordinator memegang peranan penting mendorong inovasi daerah,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemda kemendagri
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top