Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Persiapan Pemilu 2024, KPU Teken MoU dengan BSSN dan Garuda Indonesia

KPU menjalin kerja sama dengan BSSN dan Garuda Indonesia untuk mendukung penyelenggaraan Pemilu pada 2024 mendatang.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 02 Juni 2021  |  15:31 WIB
Ketua KPU RI Ilham Saputra. - Antara
Ketua KPU RI Ilham Saputra. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyepakati kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) serta PT Garuda Indonesia Tbk.

Memorandum of Understanding (MoU) itu diteken untuk mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024. Kesepakatan ini dilaksanakan antara KPU RI dengan BSSN dan KPU RI dengan Garuda Indonesia.

Ketua KPU Ilham Saputra mengatakan bahwa kerja sama ini dilakukan menjelang pelaksanaan Pilpres dan Pilkada serentak pada 2024. Sebab itu, penyelenggara pemilihan meminta dukungan dari instansi dan badan usaha tersebut.

“2024 nanti Pemilu dan Pilkada ini di tahun yang sama. Ini pertama kali dalam sejarah kita Pilkada dilaksanakan pada tahun yang sama. Maka kita butuh bantuan dengan BSSN dan Garuda Indonesia,” kata Ilham melalui siaran virtual, Rabu (2/6/2021).

Ilham menjelaskan, kerja sama dengan BSSN berupa peningkatan perlindungan informasi dan transaksi elektronik. Pihaknya mengharapkan agar pengamanan terhadap sistem IT KPU kian diperketat.

Dia mengakui bahwa Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU sempat diretas sebagian pada pemilihan lalu. Bahkan pegawai di biro teknis juga mengalami peretasan pada aplikasi Whatsapp.

“Tentu ke depan, harus mengantisipasi kira-kira bagaimana kemudian para hacker ini dan gangguan sistem IT kita bisa diminimalisir. Bahkan tidak ada sama sekali,” terangnya.

Selain itu, KPU juga berharap agar MoU dengan BSSN dapat mewujudkan penggunaan sistem tanda tangan elektronik. Upaya ini untuk mempermudah kerja para panitia di lapangan saat penghitungan suara.

Sementara itu, nota kesepahaman dengan Garuda Indonesia berkaitan dengan pemanfaatan produk dan layanan maskapai pelat merah itu dalam penyelenggaraan pemilihan umum.

Menurut Ilham, Garuda dapat membantu pengiriman logistik termasuk di lokasi yang sulit diakses. Dia berharap agar pesawat tersebut dapat berkontribusi dalam penyelenggaraan pemilihan yang cepat dengan penyaluran logistik tepat waktu.

“Mungkin Garuda bisa membantu kami misalnya ada penerbangan khusus-lah atau bagaimana sehingga kami lebih maksimal membawa seluruh logistik kita tepat waktu,” terangnya.

Adapun, penandatanganan MoU dilakukan oleh Ketua KPU Ilham Saputra, Sekretaris Utama (Sestama) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Syahrul Mubarak serta dari pihak Garuda adalah Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpu Garuda Indonesia badan siber dan sandi nasional (BSSN) Pemilu 2024
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top