Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia Berhasil Dorong Sidang Umum PBB Bahas Situasi Palestina

Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri Febrian Alphyanto Ruddyard dalam rapat bersama Komisi I DPR di Jakarta, Selasa (18/5/2021).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 18 Mei 2021  |  18:35 WIB
Indonesia Berhasil Dorong Sidang Umum PBB Bahas Situasi Palestina
Ilustrasi - Asap dan api membubung selama serangan udara Israel di tengah maraknya kekerasan Israel-Palestina, di Gaza (12/5/2021)./Antara - Reuters/Ibraheem Abu Mustafa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri dikabarkan berhasil mendorong Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) khusus membahas situasi di Palestina.

Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri Febrian Alphyanto Ruddyard dalam rapat bersama Komisi I DPR di Jakarta, Selasa (18/5/2021).

"Alhamdulillah, pada Kamis nanti insya Allah akan ada Sidang Majelis Umum yang khusus membahas situasi di Palestina," kata Febrian.

Febrian menuturkan, sidang tersebut merupakan buah dari pernyataan bersama tiga kepala negara, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam pada 16 Mei 2021.

Dalam pernyataan bersama itu, ketiga negara menekankan beberapa hal termasuk menyerukan penghentian serangan ke rakyat sipil dan mendesak seluruh pihak untuk menerima temporary international presence di Yerusalem.

Ketiga negara juga mendesak organ PBB, termasuk Dewan Keamanan PBB dan Majelis Umum PBB untuk bertindak, dan mendesak masyarakat internasional untuk berkomitmen terhadap two state solution untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

Sesuai permintaan joint statement ketiga kepala negara, Febrian mengatakan Indonesia berkoordinasi dengan PBB lainnya, termasuk OKI dan GNB, mengenai kemungkinan pelaksanaan pertemuan Majelis Umum guna membahas situasi di Palestina.

"Setelah kita keluarkan joint statement, instruksi telah diberikan kepada KJRI di New York untuk menyebarkan joint statement ke seluruh negara anggota PBB dan untuk menjajaki kemungkinan dengan segera dilakukannya Sidang Majelis Umum untuk membahas situasi Palestina," ujar Febrian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pbb palestina kemenlu

Sumber : Tempo

Editor : Oktaviano DB Hana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top