Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Merak-Bakauheni Dijejali 440.014 Orang, Ini Pesan Satgas Covid-19

Arus perjalanan dari Merak menuju Bakauheni pada periode 22 April-15 Mei 2021 tercatat mencapai 440.014 orang. Satgas Covid-19 mewanti-wanti semua pihak untuk bersiaga menangani arus balik.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 16 Mei 2021  |  16:02 WIB
Pelabuhan Bakauheni di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung./Antara - Ardiansyah
Pelabuhan Bakauheni di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung./Antara - Ardiansyah

Bisnis.com, JAKARTA – PT ASDP Pelabuhan Bakauheni mengungkapkan arus perjalanan dari Merak menuju Bakauheni pada periode 22 April-15 Mei 2021 tercatat mencapai 440.014 orang. Satgas Covid-19 mewanti-wanti semua pihak untuk bersiaga menangani arus balik.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta agar semua langkah-langkah kesiapsiagaan antisipatif dapat segera dilaksanakan dengan meningkatkan seluruh sumber daya yang ada.

“Upaya untuk meningkatkan seluruh sumber daya yang ada, termasuk petugas swab dari daerah dan juga nantinya diperkuat oleh pusat,” jelas Doni, mengutip keterangan resmi Satgas Covid-19, Minggu (16/5/2021).

Adapun ketersediaan alat tes usap antigen yang akan dipakai sebagai skining telah mencukupi kebutuhan. Ada 200.000 alat antigen yang dalam perjalanan menuju Pelabuhan Bakauheni, kemudian 12.00 alat telah dimiliki oleh Dinas Kesehatan, dan 50.000 stok alat rapid test antigen di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Doni juga meminta agar seluruh angkutan penyeberangan yang dalam hal ini adalah kapal ferry dapat dioptimalkan secara maksimal sebanyak 69 unit, termasuk seluruh dermaga berikut poskonya. “Kemudian dermaga diminta semuanya beroperasi full sebanyak tujuh dermaga,” tegas Doni.

Demi mengoptimalkan seluruh rangkaian operasi tersebut, Doni juga memberi saran agar waktu tugas seluruh sumber daya yang ada dapat dibagi menjadi tiga shift. Hal ini perlu dilakukan agar kondisi fisik dan mental dapat terjaga.

“Waktu petugas supaya bisa lebih optimal yaitu tiga shift, sehingga mereka tetap fresh,” jelas Doni.

Gugus Tugas Khusus juga harus menyediakan tempat atau ruang isolasi apabila terdapat calon penumpang yang terinfeksi Covid-19 melalui tes usap berbasis antigen.

Dalam hal ini Pemerintah Provinsi Lampung telah menyediakan beberapa fasilitas isolasi seperti rusun dan wisma. Apabila dibutuhkan, pemerintah akan memberikan dukungan dengan menyiapkan hotel atau losmen yang tersedia di wilayah Lampung.

Berikutnya, apabila terdapat warga terinfeksi Covid-19 dan bergejala, pihak Dinas Kesehatan harus segera melakukan penanganan dan merujuk ke rumah sakit umum daerah atau rumah sakit lain yang telah ditunjuk di wilayah setempat.

"Kemudian, manakala dari pelaku perjalanan ini yang mengalami gejala, dan merupakan kelompok rentan, maka harus pada kesempatan pertama dirawat di rumah sakit yang telah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Lampung,” tegasnya.

Dalam rangka antisipasi arus balik, Ketua Gugus Tugas Khusus Penanganan Covid-19 Pelabuhan Bakauheni Hendro Sugiatno juga menyampaikan pihaknya telah berkoordinasi dengan jajaran Korem 043/Garuda Hitam, Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)/Satgas Penanganan Covid-19 Daerah serta seluruh instansi terkait.

Beberapa poin yang perlu dievaluasi menurut Hendro antara lain reposisi sejumlah posko yang dinilai kurang efektif dan akan disesuaikan ke titik yang telah ditentukan pada arus balik. Adapun, beberapa titik tersebut tersebar mulai di jalur timur, tengah, penyeberangan/pelabuhan dan sisanya di rest area jalan tol trans Sumatera.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

merak-bakauheni Arus Balik
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top