Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Protes atas Kekerasan Israel ke Palestina Nihil Hasil, Ini Saran Muhaimin

Berbagai upaya juga sudah dilakukan banyak pihak untuk mendamaikan kedua belah pihak, namun hingga kini tak kunjung membuahkan hasil. Bagaimana saran Gus Ami?
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 10 Mei 2021  |  09:29 WIB
Wakil Ketua DPR RI yang juga Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (tengah) bersiap melakukan pertemuan dengan pimpinan partai dan sekjen partai pengusung Capres Joko Widodo di Jakarta, Kamis (9/8). - ANTARA/Galih Pradipta
Wakil Ketua DPR RI yang juga Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (tengah) bersiap melakukan pertemuan dengan pimpinan partai dan sekjen partai pengusung Capres Joko Widodo di Jakarta, Kamis (9/8). - ANTARA/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar berharap para pemimpin negara di dunia segera bertemu untuk memediasi Israel dan Palestina. Pasalnya, dia menilai aksi kekerasan yang terjadi antara kedua negara itu terus berulang.

Teranyar, kepolisian Israel dilaporkan menyerang umat Islam secara brutal di dalam Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem Timur pada akhir pekan lalu. Aksi itu menuai protes keras dan kecaman dari berbagai pihak, terlebih tindakan itu dilakukan saat bulan suci Ramadan.

Sosok yang akrab disapat Gus Ami itu pun menilai tindakan brutal semacam itu bukan hanya terjadi kali ini. Berbagai upaya juga sudah dilakukan banyak pihak untuk mendamaikan kedua belah pihak, namun hingga kini tak kunjung membuahkan hasil.

“Berbagai upaya terus kita lakukan, protes keras, marah, rekomendasi-rekomendasi dan berbagai cara sudah ditempuh agar Israel menghentikan kekerasan atas Palestina. Tidak ada jalan keluar sampai hari ini, tidak ada langkah konkret dari semua negara atas kekerasan dan tindakan brutal ini,” ungkap , sapaan akrabnya dalam keterangan pers yang diterima Parlementaria, Minggu (9/5/2021).

Politisi PKB ini menaruh harapan besar kepada seluruh pemimpin negara-negara di dunia untuk duduk bersama. Mereka perlu memediasi Israel dan Palestina secara terbuka mencari solusi menyelesaikan konflik berkepanjangan.

“Apa solusinya? Pemerintah dan negara-negara harus duduk bersama dan mengajak bicara Israel dan Palestina secara terbuka. Pengakuan terhadap Palestina, kondisi Israel yang masih terus tidak pernah menghentikan kekerasan menjadi materi utama penuntasan masalah. Duduk, bicara, dan cari solusi,” ungkapnya.

Menurut Gus Ami, protes keras dari berbagai pihak sejauh ini tidak pernah melahirkan solusi konkret. Terbukti tindak kekerasan yang dilakukan Israel di Palestina masih saja sering terjadi.

Gus Ami mendesak Pemerintah Indonesia untuk turun tangan sekaligus menggalang dukungan guna menentang tindak kekerasan Israel di Palestina. Indonesia bersama negara lain harus memimpin mediasi Israel-Palestina agar konflik segera berakhir.

“Saya berharap pemerintah, Menteri Luar Negeri dan bahkan Presiden Jokowi untuk proaktif menggelar duduk bersama dan bicara agar solusi [menghentikan] kekerasan dan pengakuan negara Palestina terwujud segera,” tutup Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Kesejahateraan Rakyat [Korkesra] itu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr palestina israel muhaimin iskandar
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top