Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Joe Biden Ingin Segera Bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin

Kepada wartawan di Gedung Putih, Jumat (7/5), Biden mengatakan dia ingin bertemu Putin meskipun Rusia sedang membangun pasukan militer di dekat Ukraina.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 Mei 2021  |  15:23 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. - Antara/Reuters
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. - Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Joe Biden berharap dapat segera bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, meskipun Gedung Putih menyatakan bahwa perbedaan antara AS dan Rusia tidak perlu diselesaikan sebelum pertemuan kedua pemimpin.

Kepada wartawan di Gedung Putih, Jumat (7/5), Biden mengatakan dia ingin bertemu Putin meskipun Rusia sedang membangun pasukan militer di dekat Ukraina.

"Itu tidak memengaruhi keinginan saya untuk mengadakan pertemuan empat mata (dengan Putin), dan Anda akan melihat dia memiliki lebih banyak pasukan sebelumnya. Dia menarik pasukan," kata Biden.

Saat ditanya tentang kemungkinan pertemuan dengan Putin pada Juni mendatang, Biden menyatakan keyakinannya, meskipun waktu dan tempat pertemuan "sedang diusahakan".

AS mengatakan mendukung Ukraina, di tengah apa yang oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pekan ini disebut pembangunan pasukan Moskow yang "sembrono".

Biden dan para penasihatnya ingin juga ada pertemuan puncak dengan Putin di negara ketiga, saat presiden AS itu akan berada di Eropa pada pertengahan Juni untuk mengikuti pertemuan G7 di Inggris serta pembicaraan dengan sekutu NATO di Brussels.

"Tetapi, negosiasi dengan Rusia tentang pelaksanaan pertemuan puncak masih berlangsung," kata juru bicara Gedung Putih Jen Psaki kepada wartawan.

AS memiliki sejumlah masalah dengan Rusia, termasuk soal perlakuan negara itu terhadap kritikus Kremlin Alexei Navalny yang dipenjara. Namun, Psaki mengatakan masalah tersebut tidak perlu harus sudah diselesaikan sebelum pertemuan Biden-Putin.

Sementara itu, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov yang dikutip oleh kantor berita Rusia TASS mengatakan Rusia sedang mempelajari kemungkinan pertemuan Putin-Biden.

"Kami terus menganalisis situasinya," kata Peskov seperti dilaporkan TASS, ketika ditanya apakah pihak Rusia telah secara resmi menyetujui pertemuan yang diusulkan itu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat rusia vladimir putin Joe Biden

Sumber : Antara

Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top