Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Korsel Berikan Bantu Pengembangan Vaksin Covid-19 Lokal

Hong menambahkan, Korea Selatan merupakan negara yang memiliki potensi produksi obat-obatan biologis kedua terbaik di dunia dan pada semester kedua tahun ini, dua perusahaan farmasi lokal telah melakukan uji klinis tahap ketiga untuk vaksin Covid-19 yang dikembangkan.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 08 Mei 2021  |  12:05 WIB
Ilustrasi - Kotak-kotak berisi vaksin Covid-19 tertumpuk saat proses produksi di Beijing Biological Products Institute, unit dari China National Biotec Group (CNBG), anak perusahaan Sinopharm di Kota Beijing, China, Jumat (26/2/2021).  - ANTARA/REUTERS
Ilustrasi - Kotak-kotak berisi vaksin Covid-19 tertumpuk saat proses produksi di Beijing Biological Products Institute, unit dari China National Biotec Group (CNBG), anak perusahaan Sinopharm di Kota Beijing, China, Jumat (26/2/2021). - ANTARA/REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaksana Tugas Perdana Menteri dan Menteri Urusan Perekonomian Korea Selatan Hong Nam-ki mengatakan dukungan dana yang kuat diperlukan dalam pengembangan vaksin Covid-19.

Melansir KBS World pada Sabtu (8/5/2021), dalam rapat pemeriksaan vaksin dan obat Covid-19 pada Jumat (7/5/2021), Hong mengatakan sejumlah instansi pemerintah membentuk satuan kerja dan sedang berusaha untuk mendapatkan anggaran untuk satuan tersebut tahun depan.

Hong menambahkan, Korea Selatan merupakan negara yang memiliki potensi produksi obat-obatan biologis kedua terbaik di dunia dan pada semester kedua tahun ini, dua perusahaan farmasi lokal telah melakukan uji klinis tahap ketiga untuk vaksin Covid-19 yang dikembangkan.

Diteruskannya, pihak perusahaan farmasi tersebut meminta bantuan pemerintah untuk melakukan uji klinik komparatif seperti yang dilakukan di luar negeri, maka pemerintah akan menyediakan pedoman terkait hal tersebut hingga bulan Juni mendatang.

Dalam kesempatan yang sama, Hong juga menegaskan bahwa sebanyak 31 juta orang warga Korea Selatan akan menerima vaksinasi dalam semester pertama tahun ini, lebih banyak satu juta orang dari rencana awal dan pemerintah akan memanfaatkan semua sarana yang ada untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi.

Di sisi lain, kondisi pandemi Covid-19 di Korea Selatan masih cukup mengkhawatirkan dengan tambahan sekitar 500-700 kasus baru per hari. Oleh karena itu, otoritas pencegahan penyakit berencana mengupayakan pencapaian kekebalan massal dengan memperbanyak jumlah pemberian vaksinasi.

Pemerintah Korea Selatan menyatakan sebanyak 246.000 orang warga lanjut usia berumur 70-74 tahun, atau 11,5 persen dari jumlah keseluruhan, telah mendaftarkan diri untuk vaksinasi sejak hari Kamis (6/5/2021).

Mereka juga mengatakan vaksinasi gelombang pertama untuk 12 juta warga Korea Selatan akan selesai hingga akhir bulan Juni mendatang sesuai yang dijadwalkan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korsel Covid-19 Vaksin Covid-19

Sumber : KBS World

Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top