Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kasus Covid-19 India Melejit, Jepang Siap Beri Bantuan

Jepang telah memutuskan memberikan bantuan untuk membantu orang-orang yang menderita akibat pandemi Covid-19 di India dengan dasar kemanusiaan.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 30 April 2021  |  20:13 WIB
Seorang pasien dengan gangguan pernapasan berbaring di dalam mobil sambil menunggu untuk masuk rumah sakit Covid-19 untuk perawatan, di tengah penyebaran Covid-19 di Ahmedabad, India, Kamis (22/4/2021). - Antara/Reuters\r\n\r\n
Seorang pasien dengan gangguan pernapasan berbaring di dalam mobil sambil menunggu untuk masuk rumah sakit Covid-19 untuk perawatan, di tengah penyebaran Covid-19 di Ahmedabad, India, Kamis (22/4/2021). - Antara/Reuters\\r\\n\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah Jepang menyatakan akan menawarkan ratusan ventilator dan konsentrator oksigen kepada India guna membantu negara itu menangani lonjakan penularan virus corona.

India melaporkan lebih dari 300.000 kasus penularan harian baru akhir-akhir ini. Lonjakan penularan yang cepat ini memberikan tekanan kritis terhadap sistem medis negara tersebut dengan kekurangan ranjang rumah sakit dan tabung oksigen medis.

Melansir dari Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Jumat (30/4/2021), Pemerintah Jepang mengumumkan akan memberikan 300 ventilator dan 300 konsentrator oksigen kepada India sebagai bantuan darurat.

Menteri Sekretaris Kabinet Jepang Kato Katsunobu memberi tahu wartawan telah memutuskan memberikan bantuan untuk membantu orang-orang yang menderita akibat pandemi Covid-19 di India dengan dasar kemanusiaan sambil mempertimbangkan hubungan bersahabat Jepang dengan negara itu.

Sebelumnya, India menyatakan lebih dari 40 negara menawarkan bantuan di saat lonjakan infeksi virus corona memberikan tekanan kritis terhadap sistem medis negara itu.

Kementerian Luar Negeri India mengatakan pada Kamis (29/4/2021) lebih dari 40 negara di Eropa, Timur Tengah, Asia, dan belahan dunia lainnya menawarkan persediaan peralatan medis dan obat-obatan.

Kementerian itu mengatakan kemungkinan akan menerima alat-alat penghasil oksigen dan pasokan lainnya dari Amerika Serikat pada Jumat (30/04/2021) sebagai tambahan konsentrator oksigen dan ventilator yang telah disediakan oleh Inggris dan Rusia.

Kemenlu India berharap dapat memperoleh 550 generator penghasil oksigen, 4.000 konsentrator oksigen, dan peralatan lainnya dari luar negeri. Kementerian itu mengajukan bantuan internasional lebih lanjut dengan menyebutkan kurangnya obat antiviral remdesivir dan sumber-sumber medis lainnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang india Virus Corona Covid-19
Editor : M. Nurhadi Pratomo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top