Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Satgas: Tambahan Vaksin Jamin Kelancaran Vaksinasi Nasional

Masyarakat yang sudah menerima vaksin Covid-19 harus ingat bahwa kemungkinan terinfeksi Covid-19 masih dapat terjadi.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 21 April 2021  |  09:47 WIB
Suasana vaksinasi untuk pelaku UMKM di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Kamis (01/04).  - Bisnis.com/Laurensia Felise\r\n
Suasana vaksinasi untuk pelaku UMKM di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Kamis (01/04). - Bisnis.com/Laurensia Felise\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 6 juta bulk (bahan baku) vaksin Sinovac dari China tiba di Indonesia pada Minggu (18/4/2021).

Dengan tambahan vaksin ini, Indonesia kini telah menerima sebanyak 59,5 juta dosis bulk vaksin, dari total 140 juta yang akan diterima tahun 2021.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Profesor Wiku Adisasmito memastikan kedatangan bahan baku vaksin ini akan menjamin program vaksinasi di seluruh daerah pada April dan Mei dapat berjalan dengan lancar.

"Selanjutnya, bulk vaksin akan diproses di fasilitas produksi vaksin Covid-19 milik PT Bio Farma," ungkapnya pada keterangan pers, Selasa (20/4/2021).

Dengan tambahan bahan baku vaksin tersebut, pemerintah juga bakal mendorong program vaksinasi Covid-19 dalam satu bulan ke depan agar memprioritaskan kelompok lanjut usia (lansia).

Pasalnya, kelompok lansia sangat rentan tertular Covid-19, dan memiliki risiko kematian yang tinggi apabila tertular Covid-19.

Wiku mengimbau warga lansia termasuk kelompok masyarakat lain yang masuk target sasaran vaksinasi agar tidak ragu mengikuti proses program vaksinasi.

"Pemerintah memastikan bahwa vaksin Covid-19 yang digunakan, aman, halal, berkhasiat dan minim efek samping. Selain itu, sesuai Surat Edaran Menteri Agama No. 3 Tahun 2021, dan Fatwa MUI No. 13 Tahun 2021, vaksinasi Covid-19 dapat dilaksanakan di bulan Ramadan dan tidak membatalkan ibadah puasa," lanjut Wiku.

Masyarakat yang sudah menerima vaksin Covid-19, imbuhnya, juga harus ingat bahwa kemungkinan terinfeksi Covid-19 masih dapat terjadi. Namun, vaksin dapat mengurangi risiko keparahan infeksi yang terjadi pada seseorang.

"Oleh karena itu, saya mengingatkan masyarakat yang sudah menerima vaksin, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 3M agar terhindar dari penularan Covid-19," pesannya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 Vaksin Covid-19
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top