Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HUT ke-69 Kopassus, Begini Pesan Wakil Presiden Ma'ruf Amin

Kopassus yang merupakan bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki TNI Angkatan Darat merayakan hari ulang tahun ke-69.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 16 April 2021  |  15:54 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat mengisi diskusi ekonomi dan perbankan syariah di era new normal  -  Setwapres
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat mengisi diskusi ekonomi dan perbankan syariah di era new normal - Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menekankan peningkatan aspek profesionalisme dan integritas pada hari ulang tahun Komando Pasukan Khusus (Kopassus) ke-69.

Dalam video singkat yang diunggah oleh akun Wapres di Youtube pada Jumat (16/4/2021), Wapres mengungkapkan Kopassus telah menorehkan tinta emas dalam sejarah panjang perjalanan bangsa Indonesia.

"Karenanya, usia yang ke-69 ini saya berharap Kopassus sebagai pasukan khusus yang berdedikasi tinggi dapat meningkatkan profesionalisme dan integritasnya dalam pengabdian diri kepada bangsa dan negara," ujarnya.

Kopassus merupakan bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki TNI Angkatan Darat. Kopassus memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan antiteror.

Pembentukan Kopassus dipelopori oleh Letkol Slamet Riyadi yang saat itu membentuk suatu satuan pemukul yang dapat digerakkan secara cepat dan tepat untuk menghadapi berbagai sasaran di medan perang.

Hal ini diputuskan setelah banyaknya personel TNI yang gugur dalam operasi penumpasan gerakan Republik Maluku Selatan (RMS) pada 1950.

Melalui Instruksi Panglima Tentara dan Tertorium III No.55/Instr/PDS/52 pada 16 April 1952, terbentuklah Kesatuan Komando Teritorium III yang merupakan cikal bakal Korps Baret Merah. Dalam perjalanannya, pasukan ini terus berganti nama, hingga 1985 dinamai Kopassus.

"Saya ucapkan dirgahayu kepada Korps Baret Merah Kopassus yang ke-69. Teruskan, tegakkan prinsip berani, benar dan berhasil, senantiasa menumbuhkan jiwa profesionalisme demi menjaga tegaknya kedaulatan NKRI," tutup Wapres.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kopassus Ma'ruf Amin wapres ma'ruf amin
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top