Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Infeksi Corona Meroket, 7 Negara Ini Terapkan Lockdown

Lockdown terjadi disejumlah wilayah mulai dari Eropa hingga Asia, yakni Filipina. Area ekonomi utama Filipina kembali ditutup selama seminggu mulai hari ini ketika negara Asia Tenggara itu menghadapi lonjakan virus Corona terburuk.
Petugas kesehatan mengambil sampel darah di pusat tes Covid-19 di Metro Manila, 8 Juli 2020/Bloombergn
Petugas kesehatan mengambil sampel darah di pusat tes Covid-19 di Metro Manila, 8 Juli 2020/Bloombergn

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah negara kembali memberlakukan pembatasan wilayah ketat atau lockdown menyusul melonjaknya kasus, terutama dipicu virus Covid-19 yang lebih menular.

Lockdown terjadi disejumlah wilayah mulai dari Eropa hingga Asia, yakni Filipina. Area ekonomi utama Filipina kembali ditutup selama seminggu mulai hari ini ketika negara Asia Tenggara itu menghadapi lonjakan virus Corona terburuk dan peluncuran vaksin yang lambat.

1. Filipina

Metro Manila dan provinsi Bulacan, Cavite, Laguna, dan Rizal yang berdekatan ditempatkan di bawah karantina komunitas yang diperketat dari 29 Maret hingga 4 April 2021. Jam malam dari jam 6 sore hingga 5 pagi akan diberlakukan selama lockdown.

Juru bicaranya Presiden Rodrigo Duterte, Harry Roque mengatakan bahwa dampak ekonomi akan diimbangi dengan membendung wabah lebih lanjut.

“Kami tidak dapat membiarkan lebih banyak orang meninggal karena kelaparan dan alasan lain dalam upaya kami untuk menurunkan kasus Covid-19,” kata Roque, dilansir Bloomberg, Senin (29/3/2021).

Dampak ekonomi dari kebijakan baru ini diperkirakan akan minimal karena kantor dan pasar keuangan akan ditutup pada 1 dan 2 April untuk liburan Paskah.

2. Prancis

Di Eropa, banyak negara juga mengembalikan status lockdown dan imbauan tetap tinggal di rumah bagi warganya, seperti Prancis, Italia, Republik Ceko, Belgia, dan Belanda.

Dilansir BBC, sekitar sepertiga populasi di sekitar Paris, Prancis tertahan kebijakan lockdown selama satu bulan mulai 20 Maret 2021. Tiga daerah di Prancis termasuk Kota Lyon juga ditutup untuk empat minggu mulai 26 Maret 2021.

3. Italia

Di Italia, toko-toko, restoran, dan sekolah sekali lagi harus ditutup di lebih dari setengah negara termasuk Roma dan Milan. Selama tiga hari Paskah mulai 3 hingga 5 April 2021, pembatasan total diberlakukan di seluruh negara.

4. Republik Ceko

Sementara itu, Republik Ceko sebagai salah satu negara paling terpukul pandemi di Eropa, memperketat aturan pembatasannya. Kebijakan baru melibatkan penutupan klinik kesehatan dan sekolah untuk anak-anak dan orang dengan disabilitas. Pergerakan antardistrik dilarang dan testing massal di pabrik-pabrik telah diperintahkan.

5. Spanyol

Di Spanyol, pemerintahnya juga menerapkan lockdown total sampai awal Mei mendatang. Warga hanya boleh keluar untuk bekerja, belajar, membeli obat-obatan, dan merawat anak-anak atau lansia. Orang-orang di atas usai 6 tahun diwajibkan memakai masker di transportasi umum dan ruangan tertutup.

6. Belgia

Adapun di Belgia, lockdown diperpanjang hingga 1 April. Perjalanan yang tidak penting masih dilarang. Kunjungan ke rumah hanya diperbolehkan maksimal satu orang. Dikutip dari Politico, semua bar, cafe dan restoran ditutup. Masyarakat hanya diizinkan untuk membeli untuk dibawa pulang dan jam operasional dibatasi hingga jam 10 malam.

Penjualan minuman alkohol juga dibatas hingga jam 8 malam. Hotel-hotel juga ditutup.

7. Belanda

Sedangkan di Belanda, lockdown diperpanjang hingga 20 April mendatang. Selain itu, jam malam juga diperpanjang, tetapi mulai 31 Maret akan dimulai satu jam lebih lambat, dari 22.00 hingga 04.30 waktu setempat. Sebelumnya, Belanda diwarnai aksi protes dari pendukung anti-lockdown. Sebanyak 2.000 pengunjuk rasa memenuhi pusat kota pada 14 Maret 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper