Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UGM Pertimbangkan Buka Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Agustus

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran secara tatap muka akan mempertimbangkan kondisi jumlah kasus Covid-19 usai Lebaran.
Situs Universitas Gadjah Mada (UGM)/ugm.ac.id
Situs Universitas Gadjah Mada (UGM)/ugm.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) berencana membuka kegiatan pembelajaran tatap muka secara terbatas saat pembukaan tahun ajaran baru pada Agustus 2021.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan UGM Prof. Djagal Wiseso mengatakan kegiatan belajar secara tatap muka itu rencananya masih dilakukan terbatas dengan memprioritaskan mahasiswa yang berasal dari sekitar DIY dan Jawa Tengah.

"Pembelajaran tatap muka ini akan meminta restu atau izin dari orang tua masing-masing mahasiswa," katanya, dikutip dari Antara, Kamis (26/3/2021).

Menurut Djagal, pelaksanaan kegiatan pembelajaran secara tatap muka akan mempertimbangkan kondisi jumlah kasus Covid-19 usai Lebaran.

Apabila sebaran jumlah kasus Covid-19 di Indonesia kondusif atau bisa tertangani dengan baik, maka pembelajaran tatap muka akan dilaksanakan pada Agustus tahun ini.

Namun, jika jumlah kasus positif Covid-19 meningkat maka pelaksanaan kegiatan kuliah tatap muka akan diundur pada bulan Oktober atau November 2021. "Kita siapkan 2 skenario," kata dia.

Bagi mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan belajar secara tatap muka ini, kata dia, pihak UGM meminta mahasiswa membawa surat persetujuan dari orang tua atau wali si mahasiswa. Untuk tahap awal ini, mahasiswa yang diperbolehkan ikut kuliah tatap muka diprioritaskan bagi yang berdomisili di sekitar DIY dan Jawa Tengah.

"Untuk kuliah luring ini kita lakukan bertahap dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan," jelasnya.

Disamping menyertakan surat persetujuan orang tua, mahasiswa yang ikut kuliah luring secara periodik akan diminta periksa kesehatan bebas dari Covid-19 dengan alat deteksi GeNose.

"Secara periodik kita lakukan pemeriksaan dengan GeNose," kata dia.

Sebelum pelaksanaan kuliah tatap muka secara terbatas dimulai, UGM menargetkan seluruh dosen dan tenaga kependidikan UGM sudah disuntik vaksin.

Seperti diketahui pada pekan lalu mayoritas dosen UGM yang lansia sudah ikut vaksinasi. Dalam waktu dekat dosen dan tenaga kependidikan nonlansia juga akan divaksinasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper