Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aktivis dan Tokoh Gerakan Buruh, Muchtar Pakpahan Meninggal Dunia

Muchtar Pakpahan menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Siloam, Semanggi, Jakarta, pada Minggu (21/3/2021) sekitar 22.30 WIB.
Tokoh Gerakan Buruh Muchtar Pakpahan semasa hidup/Dok.-Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI)
Tokoh Gerakan Buruh Muchtar Pakpahan semasa hidup/Dok.-Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI)

Bisnis.com, JAKARTA - Aktivis dan Ketua Umum Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Muchtar Pakpahan dikabarkan meninggal dunia, Minggu (21/3/2021) malam.

Dilansir laman resmi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), Senin (22/3/2021), Muchtar menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Siloam, Semanggi, Jakarta. Dia dikabarkan menderita sakit yang membutuhkan perawatan khusus dalam beberapa tahun terakhir.

"Dunia aktivis gerakan serikat buruh mengalami duka mendalam. Pada Minggu, 21 Maret 2021, Prof Dr Muchtar Pakpahan SH.MA, sosok yang dikenal tokoh aktivis pergerakan buruh di Indonesia telah menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Siloam Semanggi, Jakarta, pada pukul 22.30 WIB," demikian tulis laman resmi KSBSI.

Muchtar disebut sempat memberikan kabar kepada pengurus dan anggotanya KSBSI melalui aplikasi pesan isntan terkait kondisinya. Dia mengatakan bahwa saat itu dia hanya bisa berbaring, tanpa bisa duduk, berdiri dan berjalan. Kondisi fisik yang melemah itu disebut mulai terjadi pada Muchtar sejak 22 Januari.

Adapun, kabar meninggalnya aktivis buruh itu pun menjadi perhatian warganet. Eks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, melalui akun Twitter resminya, @susipudjiastuti, 09.18 WIB, mengunggah ucapan dukacita atas berpulangnya Muchtar Pakpahan.

Susi pun menyebut Muchtar sebagai tokoh pejuang buruh. Muchtar memang dikenal sebagai aktivis yang vokal menyuarakan kepentingan buruh sehingga beberapa kali dijebloskan ke penjara.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun ... Turut Berduka cita atas wafatnya Bapak Prof DR Mukhtar Pakpahan SH MH Ketua Umum Partai Buruh Indonesia & Ketua Umum KSBSI Semoga almarhum Husnul Khotimah. Selamat jalan Tokoh Pejuang Buruh," tulis Susi di Twitter.

Sebagai informasi, Muchtar dilahirkan di Bah Jambi II, Tanah Jawa, Simalungun, Sumatera Utara, pada 21 Desember 1953. Dia memimpin SBSI dari 1993 hingga 2003.

Muchtar Pakpahan pernah mendirikan dan menjadi Ketua Umum Partai Buruh pada periode 2003 hingga 2010. Pada penghujung hayatnya, dia didapuk sebagai pemimpin Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia K-SBSI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper