Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Siap Buka Seleksi 1,3 Juta ASN, Cek Formasinya!

Saat ini, panitia seleksi sedang menyusun jadwal penerimaan. Jumlah 1,3 juta formasi ini terdiri atas Pegawai Negara Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 Maret 2021  |  23:19 WIB
Pemerintah Siap Buka Seleksi 1,3 Juta ASN, Cek Formasinya!
Aparatur Sipil Negara (ASN) Bagian umum Sekretariat Pemerintah Kota Banda Aceh kembali beraktivitas pada hari pertama masuk kerja di Banda Aceh, Aceh, Senin (10/6/2019). - ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyatakan pemerintah akan membuka sekitar 1,3 juta formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun ini.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan saat ini, panitia seleksi sedang menyusun jadwal penerimaan.

Selain itu, bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), sistem seleksi online juga sedang diatur agar dapat berjalan dengan baik.

"Ini jumlah yang tidak pernah kami lakukan sebelumnya," tuturnya dalam keterangan resmi seperti dilansir Tempo, Jumat (19/3/2021).

Jumlah 1,3 juta formasi ini terdiri atas Pegawai Negara Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Ada tiga komposisi yang akan disiapkan.

Pertama, sebanyak 83.000 ribu formasi yang ditujukan untuk menjadi pegawai di instansi pemerintah pusat. Kedua, 189.000 formasi untuk pemerintah daerah (Pemda). Di dua komposisi ini, termasuk di dalamnya termasuk PNS dan PPPK.

Namun, di komposisi ketiga, yakni 1 juta guru, khusus PPPK. Rekrutmen ini bertujuan untuk menyelesaikan kekurangan guru di seluruh daerah yang selama ini diisi tenaga honorer.

Komposisi ini akan diisi oleh guru honorer yang sudah terdaftar dalam data pokok pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Selain itu, guru eks Tenaga Honorer Kategori-2 dan lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) bisa ikut mendaftar.

Tjahjo menerangkan nantinya, Kemendikbud akan menyediakan fasilitas bagi para tenaga honorer untuk meningkatkan kemampuan menghadapi tes seleksi.

"Serta memberikan kesempatan tes sebanyak tiga kali," sebutnya.

Pada 2020, pemerintah tidak membuka seleksi ASN karena pandemi Covid-19. Oleh karena itu, kebutuhan PNS dan PPPK tahun lalu pun dialihkan ke 2021.

Sebelumnya, pemerintah berencana membuka pendaftaran ASN pada Mei-Juni 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pns kemenpan rb ASN

Sumber : Tempo

Editor : Annisa Margrit
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top