Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kisruh Tambang Galena di Bogor, Bareskrim Tahan 3 Tersangka

BCMG Tani Berkah adalah perusahaan tambang batuan galena di Bogor, Jawa Barat. Batuan galena merupakan bahan baku timah hitam.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 12 Maret 2021  |  22:38 WIB
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono (tengah). - Antara
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono (tengah). - Antara
Bisnis.com, JAKARTA - Bareskrim Mabes Polri menahan tiga tersangka perkara tindak pidana pemalsuan akte PT. BCMG Tani Berkah. Penahanan ini setelah tersangka tidak kooperatif dalam dua kali pemanggilan. 
 
Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Polisi Argo Yuwono mengemukakan bahwa ketiga tersangka tersebut berinisial RS, PHS dan SM. Kendati demikian, Argo tidak menjelaskan lebih detail peran dari masing-masing tersangka yang telah ditahan di Rumah Tahanan Salemba cabang Bareskrim Polri itu.
 
"Penahanan dilakukan di Rutan Bareskrim Polri dari tanggal 10-29 Maret 2021," tuturnya, Jumat (12/3/2021).
 
Meski begitu, Argo menyebutkan pidana yang dilakukan ketiga tersangka adalah pemalsuan surat undangan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT BCMG Tani Berkah. Hasil rapat tidak sah itu kemudian menghasilkanakte perusahaan yang baru sehingga menjadi palsu.
 
"Karena para tersangka sudah dipanggil dua kali secara sah namun tidak hadir memenuhi panggilan tanpa alasan yang patut dan wajar," katanya.
 
Ketiga tersangka ditahan bermula dari laporan Chen Tian Hua yang diwakili kuasa hukumnya Denni. Chen merupakan Komisaris Utama yang diberhentikan dengan akta RUPS baru. 
 
Menurut Argo, sebagian pemegang saham BCMG yakni PT. Tambang Sejahtera dan Multiwin Asia Limited memohon untuk dilaksanakan RUPSLB di PT. BCMG Tani Berkah pada tanggal 5 April 2019 dan tanggal 20 Agustus 2019. Padahal, kenyataannya surat permohonan tersebut tidak ada.
 
Kemudian dari hasil RUPS LB tersebut terbit Akta Nomor 4 tanggal 8 April 2019 dan Akta Nomor 11 tanggal 20 Agustus 2019 yang dibuat oleh Notaris Mia R Setiangningsih, di mana terjadi perubahan susunan direksi dan komisaris di PT. BCMG Tani Berkah. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hukum bareskrim
Editor : Anggara Pernando

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top