Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Stimulus AS Bikin Warren Buffett Masuk Daftar Orang Super Kaya Dunia

Kekayaan pimpinan Berkshire Hathaway Inc. tersebut melonjak menjadi US$100,4 miliar atau setara dengan Rp1.440 triliun
Orang terkaya ketiga dunia Warren Buffet/memolition.com
Orang terkaya ketiga dunia Warren Buffet/memolition.com

Bisnis.com, JAKARTA – Warren Buffet berhasil masuk daftar orang super kaya di dunia berkat lonjakan kekayaannya dalam beberapa waktu terakhir.

Seperti dilansir dari Bloomberg, Kamis (11/3/2021), kekayaan pimpinan Berkshire Hathaway Inc. tersebut melonjak menjadi US$100,4 miliar atau setara dengan Rp1.440 triliun dengan menggunakan kurs rupiah terhadap dolar AS Rp14.400.

Dengan demikian, dia berhak masuk dalam anggota klub orang dengan kekayaan di atas US$100 miliar versi Bloomberg Billionaire Index. Dia bergabung bersama dengan nama-nama lain seperti Elon Musk, Jeff Bezos dan sahabatnya Bill Gates.

Adapun, kekayaan para taipan super kaya dunia tersebut salah satunya terdorong oleh disetujuinya stimulus baru untuk penanganan Covid-19 oleh pemerintah AS. Di sisi lain, kekayaan mereka juga terdongkrak oleh kebijakan The Fed dan lonjakan di pasar ekuitas.

Berkshire Hathaway, sumber dari hampir semua kekayaan Buffett, memiliki awal yang baik pada 2021. Harga saham kelas A perusahaan naik 15 persen sepanjang tahun ini, melampaui laju kenaikan indeks S&P 500 pada tahun ini yang hanya mencapai 3,8 persen.

Adapun kenaikan harga saham Berkshire yang signifikan tersebut terbantu oleh strategi Buffett baru-baru ini, yang membelanjakan uangnya untuk melakukan buy back sahamnya.

Kekayaa Bufett saat ini, sejatinya bisa melampaui US$100 miliar apabila dia tidak melakukan kegiatan sosial pada 2006 lalu.

Kala itu, pria yang kini berusia 90 tahun tersebut mendonasikan lebih dari US$37 miliar dalam bentuk saham di Berkshire kepada lembaga filantropi Giving Pledge. Jika saat itu dia tidak mendonasikan kekayaannya tersebut, maka saat ini kekayaan Buffett bisa menembus US$192 miliar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper