Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nama di Surat Vaksin Harus Sama dengan Paspor? Ini Kata Satgas Covid-19

Sebuah pesan tersebar di WhatsApp bergambar dua paspor dan meminta masyarakat menyesuaikan nama di surat vaksin dengan nama pada paspor. Benarkah? 
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 11 Maret 2021  |  14:53 WIB
Petugas Puskesmas Duren Sawit, menyuntik vaksinasi Covid-19 kepada peserta lanjut usia (lansia) di Gedung Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan dan Kejuruan (P2KPTK2) Jakarta Timur, Senin (1/3/2021). - Antara\r\n
Petugas Puskesmas Duren Sawit, menyuntik vaksinasi Covid-19 kepada peserta lanjut usia (lansia) di Gedung Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan dan Kejuruan (P2KPTK2) Jakarta Timur, Senin (1/3/2021). - Antara\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Beredar pesan terusan bagi penerima vaksin untuk menyesuaikan nama antara surat vaksin dengan nama pada paspor. Juru Bicara Vaksin Covid-19 Siti Nadia memberikan klarifikasi.

Pesan tersebut tersebar di platform pesan instans seperti WhatsApp. Foto bergambar dua paspor itu menulis keterangan dengan meminta masyarakat menyesuaikan nama di surat vaksin dengan nama yang terdata pada paspor. 

"Yang vaksin jangan lupa kalau bisa sesuaikan surat vaksin nanti itu namanya sesuai paspor (jikalau nama kami di KTP beda dengan paspor). Karena nanti traveling itu mereka akan cek surat vaksin sesuai nggak dengan nama di paspor. Jadi nanti pas vaksin bawa both [keduanya KTP - paspor] tapi minta nama sesuai dengan paspor aja,” demikian tertulis dalam pesan tersebut.

Menanggapi kabar tersebut, Siti Nadia mengatakan bahwa belum ada perubahan kebijakan apapun untuk pelaku perjalanan. Selain itu, belum ada aturan pemerintah yang meminta penyesuaian nama dalam surat vaksin dengan nama berdasarkan pada paspor.

Dia menyebutkan bahwa hingga kini belum ada perkembangan tertentu terkait kebijakan perjalanan. Siti mengaku belum mengetahui apakah surat vaksin akan berpengaruh pada pelaku perjalanan atau tidak.

“Belum ada perubahan untuk pelaku perjalanan,” katanya kepada Bisnis, Kamis (11/3/2021).

Kendati demikian masyarakat disarankan untuk tetap menyesuaikan nama pada surat vaksin dengan nama pada kartu tanda penduduk (KTP). “Tapi sebaiknya sesuai KTP ya,” terangnya.

Dengan demikian, informasi yang beredar luas melalui platform pesan instan mengenai syarat nama di surat vaksin sama dengan paspor tidak benar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 cek fakta Vaksin Covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top