Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenkumham Minta Akhiri Konflik Internal KNPI

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly meminta konflik internal organisasi kepemudaan tersebut segera diakhiri dengan menggelar kongres bersama.
Akhirul Anwar
Akhirul Anwar - Bisnis.com 11 Maret 2021  |  08:33 WIB
Menkumham Yasona Laoly dan jajaran tiga kubu pengurus KNPI
Menkumham Yasona Laoly dan jajaran tiga kubu pengurus KNPI

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly meminta konflik internal organisasi kepemudaan tersebut segera diakhiri dengan menggelar kongres bersama.

Konflik internal KNPI bermula munculnya tiga kepengurusan di bawah pimpinan Mustahuddin (Plt Ketua Ketua Umum menggantikan Haris Pratama), Noer Fajrieansyah, dan Abdul Aziz. Konflik tersebut pun mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Sementara dari internal KNPI sebelumnya sudah sepakat untuk islah. Tiga kubu kepengurusan Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) sepakat untuk menggelar Kongres yang didahului dengan Rapimpurnas pada tahun ini.

Menkumham Yasonna Laoly mendukung upaya yang dilakukan tiga faksi pengurus KNPI tersebut dalam pertemuan di kantor Kemenkumham, Selasa (9/3/2021).

Ketiga kubu pengurus KNPI itu menunjukkan surat perjanjian kesepakatan bersama yang telah ditandatangani masing-masing oleh Ketua Umum dan Sekjen tertenggal 9 Maret 2021.

Dalam salinan surat perjanjian kesepakatan bersama itu ketiga faksi bersepakat untuk melaksanakan Rapimpurnas dan Kongres Pemuda/KNPI XXI Tahun 2021 secara bersama-sama dan mengakhiri konflik KNPI. Kongres bersama akan diselenggarakan melalui pembentukan kepanitiaan bersama.

Berbagai pihak yang tandatangan dalam surat tersebut yakni Plt Ketua Umum DPP KNPI Mustahuddin dan Sekjen Jackson Aw Kumaat; Ketua Umum DPP KNPI Noer Fajrieansyah dan Sekjen Addin Jauharudin; Ketua Umum DPP KNPI Abdul Azis dan Sekjen Yamitema Tirtajaya Laoly; dan mengetahui Menkumham Yasonna Laoly.

Yasonna menyambut baik keinginan pengurus KNPI yang sudah berencana menggelar Kongres bersama demi penyatuan pemuda Indonesia.

“Saya meminta kepada adik-adik Pengurus KNPI dari ketiga kubu untuk segera menyatukan diri, membuat kongres dan menjadi satu seperti semula. Saya dukung program penyatuan kongres bersama KNPI bersatu," kata Yasonna dalam keterangan tertulis, Kamis (11/3/2021).

Plt. Ketua Umum DPP KNPI Mustahuddin mengatakan dukungan Menkumham terhadap rencana kongres bersama memberikan angin segar terhadap upaya mengakhiri konflik di internal organisasi kepemudiaan tersebut.

"Alhamdulillah Pak Menteri Yassona sangat mengapresiasi niat dan tekad persatuan pemuda Indonesia khususnya terkait eksistensi KNPI, karena itu kami berterima kasih dan akan menindaklanjuti arahan dan nasehat dari Pak Menteri untuk tetap menjaga komitmen kebersamaan ini demi dan untuk Persatuan Pemuda dan mengembalikan kejayan KNPI," ujarnya.

Sekjen KNPI Jackson Kumaat mengapresiasi semua kebesaran hati semua pihak untuk mengakhiri konflik. Menurutnya, persatuan pemuda dibutuhkan pada saat ini terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkumham knpi
Editor : Akhirul Anwar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top