Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingat! Masa Berlaku SIM Kini Tidak Lagi Sesuai Tanggal Lahir

Masa kadaluwarsa SIM bergantung pada tanggal percetakan, tidak lagi sesuai tanggal lahir pemilik SIM.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 02 Maret 2021  |  15:28 WIB
Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman (tengah) dan Ketua DPRK Farid Nyak Umar (kiri) memperlihatkan Surat Izin Mengemudi yang cerdas (Smart SIM) milik warga usai menandatangani zona integritas di Mapolresta Banda Aceh, Aceh, Senin (10/2/2020). Smart SIM yang diluncurkan pada akhir September 2019 tersebut memudahkan warga untuk mengingat masa berlaku, dapat dijadikan uang elektronik serta memiliki beberapa keunggulan lainnya. -  Antara / Irwansyah Putra
Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman (tengah) dan Ketua DPRK Farid Nyak Umar (kiri) memperlihatkan Surat Izin Mengemudi yang cerdas (Smart SIM) milik warga usai menandatangani zona integritas di Mapolresta Banda Aceh, Aceh, Senin (10/2/2020). Smart SIM yang diluncurkan pada akhir September 2019 tersebut memudahkan warga untuk mengingat masa berlaku, dapat dijadikan uang elektronik serta memiliki beberapa keunggulan lainnya. - Antara / Irwansyah Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Selama ini, masyarakat dimudahkan dalam mengingat masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) karena bergantung atau menyesuaikan pada tanggal lahir pemilik. Namun, aturan tersebut sudah tidak berlaku lagi.

Dikutip dari akun Instagram resmi Indonesia Baik @indonesiabaik.id, Selasa (2/3/2021), masa kadaluwarsa SIM bergantung pada tanggal percetakan.

"Tanggal lahir tidak lagi dapat menjadi patokan dalam memperpanjang SIM," tulis @indonesiabaik.id, Selasa (2/3/2021).

Oleh sebab itu, dengan adanya perubahan pemberlakuan SIM, pemilik kendaraan harus kembali teliti dalam mengingat kapan SIM dicetak.

Namun, apabila Anda ingin memperpanjang SIM, maka harus menyiapkan beberapa persyaratan, antara lain SIM lama, Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi, tes kesehatan, dan tes psikologi.

Mengutip dari Mobil123.com, sejak digunakannya Smart SIM, maka ada penyesuaian masa berlaku SIM. Sebagai informasi, Smart SIM pertama kali diluncurkan pada September 2019 oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol. Refdi Andri.

"Sejak September-Oktober 2019 sudah tidak sama dengan tanggal ulang tahun. Masa berlaku disesuaikan dengan tanggal pemilik membuat atau memperpanjang SIM mereka," kata Pemimpin SIM Keliling Jakarta Timur Iptu Suhadi seperti dikutip, Selasa (2/3/2021).

Aturan ini sesuai dengan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perkap) Nomor 9 Tahun 2012 tentang SIM yang menegaskan bahwa masa berlaku SIM adalah lima tahun sejak diterbitkan.

Perpanjangan SIM sudah bisa dilakukan 14 hari sebelum masa berlaku habis. Dengan demikian, masyarakat bisa lebih mudah untuk menyesuaikan waktu untuk memperpanjang SIM mereka.

Nah, jangan sampai lupa ya, Sobat Bisnis!


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sim sim online
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top