Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Awas! Ada Akun WhatsApp Palsu Catut Nama Jubir Vaksin Covid-19

Kemenkominfo memastikan akun tersebut telah disalahgunakan pihak lain yang mengatasnamakan dirinya sebagai Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 25 Februari 2021  |  11:59 WIB
Hoaks - Antara
Hoaks - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informasi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai pihak tidak bertanggung jawab  di aplikasi pesan instan, WhatsApp, yang mengatasnamakan Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi.

Dalam laporan isu hoaks yang dirilis Kamis (25/2/2021), Kemenkominfo menyampaikan bahwa beredar sebuah akun WhatsApp (WA) yang mengatasnamakan Siti Nadia Tarmizi. Pengguna akun itu meminta sejumlah uang dengan mencantumkan nomor rekening.

"Akun WA palsu itu mengirimkan pesan mengatasnamakan beliau dan meminta pinjaman sejumlah uang. Akun tersebut juga menyertakan sebuah nomor rekening bank," demikian keterangan resmi Kemenkominfo.

Kemenkominfo memastikan akun tersebut telah disalahgunakan pihak lain yang mengatasnamakan dirinya sebagai Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi.

"Berdasarkan klarifikasi langsung dari Siti Nadia Tarmizi, akun WhatsApp miliknya telah diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab."

Setelah memulihkan nomor WhatsApp, Siti Nadia dapat kembali mengakses nomor WhatsApp tersebut. Namun, kemudian terdapat sebuah nomor WhatsApp palsu lain bernomor +6285657076443 yang meminjam sejumlah uang dengan mengatasnamakan dirinya.

Dia menyampaikan bahwa nomor rekening sebuah bank yang ada di percakapan WhatsApp pelaku tersebut juga bukan rekening miliknya.

"Beliau mengimbau masyarakat untuk dapat mengabaikan pesan WhatsApp tersebut karena merupakan akun palsu yang mengatasnamakan dirinya."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes hoax Vaksin Covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top