Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BMKG Ingatkan Waspada Cuaca Ekstrem hingga Maret 2021

Sebagian besar wilayah Indonesia, yaitu 94 persen dari 342 Zona Musim saat ini telah memasuki musim hujan, seperti yang telah diprediksikan sejak Agustus 2020.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 02 Februari 2021  |  05:57 WIB
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati - bmkg.go.id
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati - bmkg.go.id

Bisnis.com, JAKARTA – Kepala Badan  Meteorologi   Klimatologi   dan   Geofisika   (BMKG)   Dwikorita   Karnawati  menyatakan,  perkembangan musim hujan saat ini tidak lepas dari pengaruh dampak perubahan iklim global, juga   pengaruh   kondisi   iklim   regional, serta  kondisi  iklim/cuaca  setempat.

Untuk  keadaan  iklim  terkini, BMKG  mencatat sebagian besar wilayah Indonesia, yaitu  94  persen dari 342 Zona Musim saat ini telah  memasuki  musim  hujan,  seperti yang telah diprediksikan sejak  Agustus  2020.

“Puncak musim hujan  diprediksi terjadi  pada  Januari  dan  Februari  2021.  Untuk  itu,  tetap  perlu terus diwaspadai terjadinya cuaca ekstrem hingga bulan Februari, bahkan masih mungkin terjadi pula hingga bulan Maret 2021 nanti, “ kata Dwikora dikutip dari keterangan tertulis Senin (1/1/2021).

Dijelaskan, dari  faktor-faktor  pengendali  iklim di  wilayah  Indonesia, saat ini yang sedang  aktif berpengaruh adalah Monsoon Asia dan Daerah Konvergensi  Antar Tropis  (ITCZ)  atau Zona Pertemuan Angin dari arah Asia dan dari arah  Australia yang memperlihatkan anomali yang mengarah pada penguatan curah hujan tinggi di sebagian besar wilayah Indonesia. 

“Fenomena La Nina saat ini juga masih  aktif  dengan Indeks moderat  yang mengarah ke kondisi  lemah dan diprediksi menjadi normal pada bulan  Mei  2021,” tuturnya. 

Bahkan, MJO yang merupakan  pergerakan  kumpulan  awan-awan hujan dari Samudera Hindia sebelah Timur Afrika yang saat ini sedang melintasi wilayah Indonesia menuju Samudera Pasifik, juga berpengaruh dalam meningkatkan curah hujan di wilayah Indonesia.

Analisis terhadap frekuensi hujan  lebat  (> 50 mm/hari) menunjukkan kecenderungan  tren meningkat (semakin sering terjadi) di banyak wilayah.

Hal itu terindikasikan dari data-data dalam 40 tahun terakhir seperti di  Jakarta, Surabaya, Mataram-Lombok, Ujung  Pandang,  Jayapura,  Biak, Lhokseumawe, dan Medan.

"Kami  mengimbau  masyarakat  dan  seluruh  pihak  untuk  tetap  terus  mewaspadai  potensi  cuaca ekstrem yang cenderung meningkat di dalam periode puncak musim hujan ini," kata Dwikorita.

Menurut Herizal,  Deputi  Klimatologi  BMKG,  pada  bulan  Februari  2021  sebagian  wilayah  Indonesia  diprediksi masih  berada  pada  puncak  musim  hujan,  sehingga  masih  berpeluang  mendapatkan  curah  hujan tinggi terutama di bagian timur Lampung, bagian tengah dan selatan DKI, bagian timur Jawa Barat, sebagian   besar   Jawa   Tengah, sebagian   Jawa   Timur,   bagian   tengah   Kalimantan,   bagian   utara Sulawesi Selatan, bagian utara Sulawesi Tenggara, serta bagian tengah Papua Barat dan Papua.

Analisis data iklim menunjukkan variabilitas spasial hujan yang cukup tinggi di wilayah Indonesia.

Walaupun saat  ini di sebagian  besar  wilayah  Indonesia  berada  pada  periode  curah  hujan  tinggi, namun   beberapa   wilayah   tercatat mengalami curah hujan kriteria rendah, dan sebagian di antaranya  diprediksi  masih  rendah  pada  bulan  Februari  2021,  seperti di pesisir timur Aceh, bagian  tengah  dan  timur  Sumatera  Utara, sebagian besar Riau, bagian  tengah dan timur  Jambi, bagian  timur  Sumatera  Selatan, bagian  timur Kalimantan Timur, sebagian Nusa Tenggara Barat, bagian tengah Sulawesi Selatan, bagian selatan Sulawesi Tenggara, dan pesisir utara Papua.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMKG
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top