Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

WHO Ungkap 3 Varian Baru Covid-19 Ini Tersebar di Puluhan Negara

Hal ini didapatkan berdasarkan analisis yang dilakukan WHO yang bekerja sama dengan otoritas kesehatan, institusi, dan penelitian di berbagai negara.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 28 Januari 2021  |  15:17 WIB
Lambang WHO di pintu utama kantor pusatnya di Jenewa, Swiss -  Bloomberg/Stefan Wermuth
Lambang WHO di pintu utama kantor pusatnya di Jenewa, Swiss - Bloomberg/Stefan Wermuth

Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tengah menyoroti tiga varian (strain) baru virus Corona atau Covid-19 yang telah menyebar ke puluhan negara.

Temuan itu telah meningkatkan kekhawatiran terhadap efek gejala yang lebih parah, risiko terinfeksi kembali, hingga efektivitas vaksin.

Adapun, laporan tersebut disusun berdasarkan analisis yang dilakukan WHO yang bekerja sama dengan otoritas kesehatan, institusi, dan penelitian di berbagai negara.

WHO bekerja dengan mitra untuk mengevaluasi bukti yang tersedia seputar penularan, keparahan, kemampuan netralisasi antibodi dan dampak potensial pada vaksin dari mutasi tertentu, varian minat dan varian yang menjadi perhatian.

Berdasarkan publikasi WHO, dalam Covid-19 Weekly Epidemiological Update, ketiga strain yang dimaksud adalah:

1. Varian VOC 202012/01, turunan B.1.1.7

Berdasarkan temuan hingga 25 Januari 2021, varian VOC 202012/01 telah muncul di 70 negara yang berada di enam wilayah regional WHO. Mereka melaporkan varian ini muncul dari kasus impor (imported cases) maupun penularan di lingkungan komunitas.

Transmisi lokal telah dilaporkan di sejumlah negara Eropa. Inggris dan Irlandia Utara menunjukkan peningkatan transmisi dibandingkan dengan varian lama.

Bahkan, Inggris melaporkan adanya gejala yang lebih berat pada varian baru ini. Namun, temuan tersebut masih butuh pengujian lebih lanjut.

Di beberapa wilayah seperti Denmark, Irlandia, dan Belanda, transmisi lokal VOC 202012/01 telah menurun.

Saat ini, penelitian efektivitas vaksin untuk melawan turunan B.1.1.7 lineage masih dilakukan. Berdasarkan pendahuluan studi in vitro, vaksin Pfizer dan Moderna tidak mengalami perubahan signifikan terhadap varian VOC202012 / 01.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

who Virus Corona Covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top