Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tangis Joe Biden Pecah saat Pidato Sebelum Berangkat ke Washington

Joe Biden memberikan pidato perpisahan kepada keluarga dan masyarakat di kampung halamannya, Delaware, sebelum berangkat ke Washington untuk pelantikan.
Presiden terpilih AS Joe Biden manyapa pendukungnya di Wilmington, Delaware, AS, Sabtu (7 /11/2020). Bloomberg/Sarah Silbigerrn
Presiden terpilih AS Joe Biden manyapa pendukungnya di Wilmington, Delaware, AS, Sabtu (7 /11/2020). Bloomberg/Sarah Silbigerrn

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden mengungkapkan salam perpisahan yang emosional kepada keluarga dan masyarakat di kampung halamannya, Delaware, sebelum hari pelantikannya.

Dari pidato yang disiarkan oleh CBS News pada Selasa (19/1/2021), Biden tampak meneteskan air mata sebelum memulai pidatonya.

"Aku tahu ini adalah waktu yang suram, tetapi selalu ada cahaya. Itulah yang membuat negara ini spesial. Itulah yang selalu mengajariku. Selalu ada cahaya," ujarnya.

Biden menirukan ungkapan dari seorang novelis Irlandia James Joyce. “Ketika saya mati, Delaware selalu tertulis dalam hatiku, di hati seluruh keluarga Biden,” katanya dengan suara terbata.

“Saya merasa terhormat menjadi presiden kalian dan menjadi panglima dan selalu bangga menjadi orang Delaware,” lanjut mantan Wakil Presiden AS itu.

Dengan pipi yang basah, Biden mengungkapkan kesedihannya bahwa anaknya, Beau Biden tidak dapat ikut hadir untuk menyaksikan keberangkatannya menuju Gedung Putih. “Ada satu penyesalan bahwa Beau tidak ada di sini. Kita harus memperkenalkannya sebagai presiden,” katanya.

Pidato ini dilakukan di kantor pusat Pertahanan Nasional Delaware di New Castle. Kantor ini dinamai Major Joseph R. “Beau” Biden, III sebagai penghormatan mendiang anak Joe Biden yang meninggal pada 2015 karena kanker otak.

Seperti dilaporkan Bloomberg pada Senin, Biden akan menginap di Blair House, rumah singgah bagi tamu yang terletak di seberang Gedung Putih pada malam sebelum hari pelantikannya pada Rabu, 20 Januari 2021.

Ancaman terhadap keamanan Biden setelah tragedi berdarah di Capitol yang menewaskan lima orang membuatnya untuk membatalkan rencana menggunakan kereta Amtrak ke Washington.

Kereta ini biasa dia gunakan untuk bolak-balik dari rumahnya di Delaware ke Capitol selama berkarir di Senat AS hampir empat dekade.

Pelantikan Biden sebagai Presiden AS ke-46 akan sangat berbeda dari yang telah tertulis di sejarah Amerika. Pandemi Covid-19 memaksa tim pelantikan untuk membuatnya lebih sederhana dan penjagaan super ketat.

Pagar tinggi telah dipasang mengelilingi gedung Capitol dan Gedung Putih. Selain itu, Donald Trump juga tidak akan menyambut kedatangan Biden di pintu North Portico. Upacara pelepasan Trump akan dilakukan 4 jam sebelum kedatangan Biden sebelum dia bertolak ke Florida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper